Kamis, 28 Pebruari 2013 - 10:16
Karakter Jitu KPP Wajib Pajak Besar Satu

Dimulai pada bulan Desember 2012, KPP Wajib Pajak Besar Satu menghelat program kerja bulanan bertajuk “Karakter Jitu”. Acara ini menghadirkan tokoh-tokoh inspiratif yang dapat memberikan dorongan, motivasi, dan perspektif yang lebih luas di luar rutinitas pekerjaan sehari-hari kepada para pegawai. Figur yang dihadirkan dianggap mewakili karakter “JITU” yang  merupakan motto pelayanan KPP Wajib Pajak Besar Satu yaitu Jujur, Inovatif, Tanggap, dan Unggul.

Sampai dengan bulan Februari 2013, “Karakter Jitu” telah menghadirkan tiga tokoh yang didaulat untuk membagikan kisah dan pengalamannya kepada para pegawai KPP Wajib Pajak Besar Satu dan juga para undangan yaitu perwakilan pegawai dari kantor pajak di lingkungan Kantor Wilayah DJP Wajib Pajak Besar serta kantor pajak yang berlokasi di sekitar Jl. Medan Merdeka Timur No.16, Jakarta Pusat.

Tokoh “Karakter JITU” edisi perdana yaitu Gubernur DKI Jakarta Bapak Ir. H. Joko Widodo, yang biasa dikenal dengan Jokowi. Dengan gaya bicaranya yang khas, Jokowi memukau para pegawai dengan kisah-kisahnya yang inspirasional. Sesuai dengan salah satu nilai “JITU”, Jokowi menginspirasi para pegawai untuk tak henti melakukan inovasi dalam lingkup pekerjaan yang tentunya tidak melanggar peraturan dan ketentuan yang berlaku. Jokowi juga menitipkan pesan agar para pegawai tidak segan terjun langsung ke lapangan untuk mengetahui permasalahan secara lebih mendalam karena dari sanalah akan ditemukan solusi dari permasalahan tersebut.

Selanjutnya pada bulan Januari 2013, KPP Wajib Pajak Besar Satu mengundang Sandiaga Uno sebagai pembicara dalam “Karakter JITU”. Dalam kesempatan ini, Sandiaga Uno, Direktur PT Adaro Energy Tbk. sekaligus pendiri Saratoga Group yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), menceritakan pengalamannya saat jatuh bangun membangun usaha. Pelajaran yang dapat diambil adalah bahwa meraih kesuksesan itu bukanlah hal yang mudah, namun harus melalui jalan berliku untuk dapat meraihnya. Sandiaga Uno juga mendorong para pegawai untuk membangun karakter “Pemenang yang Jitu” melalui “Pilar Sang Pemenang”, yaitu pemenang adalah mereka yang memberikan kekuatan inspirasi, memiliki integritas dan visi besar, serta mampu menjadi penggerak bagi lingkungannya. Di akhir acara, Sandiaga Uno berbagi tips jitunya dalam menggapai kesuksesan yaitu “Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Tuntas, dan Kerja Ikhlas”.

Dibulan Februari 2013, “Karakter JITU” menghadirkan Garibaldi Thohir, Presiden Direktur PT Adaro Energy Tbk. yang juga merupakan salah satu pengurus  Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia. Sebagai salah satu insan muda yang unggul, Garibaldi Thohir menginspirasi para pegawai untuk terus bermimpi, karena kunci kesuksesan ialah “Dreams”. Suatu keberhasilan pasti diawali dengan sebuah mimpi. Apabila kesuksesan digambarkan sebagai sebuah rumah, “Dreams” (mimpi) itulah yang menjadi atapnya, kemudian “Reputation” (nama baik) sebagai pondasinya. Untuk menjadi bangunan yang kokoh, rumah disangga oleh 4 pilar yang terdiri dari “Integrity, Meritocracy, Excellence, dan “Teamwork” (integritas, profesionalisme, budaya unggul, dan kerjasama). Keempat pilar tersebut harus ditambah dengan 2 karakter unggul yaitu “Trusted” (dapat dipercaya) dan “Determination” (pantang menyerah).

Tiga tokoh sudah membagikan kisah, pengalaman dan pesan-pesan jitunya dalam “Karakter JITU” di KPP Wajib Pajak Besar Satu. Untuk ke depannya, “Karakter JITU” akan terus dilaksanakan dengan menghadirkan tokoh-tokoh inspiratif lainnya sehingga diharapkan dapat memotivasi pegawai untuk menguatkan karakter JITU (Jujur, Inovatif, Tanggap, dan Unggul) dalam diri pribadi masing-masing pegawai.