Tingkatkan Pelayanan, Kantor Pajak Berkompetisi Jadi yang Terbaik

Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Timur II (Kanwil DJP Jatim II) menyelenggarakan Penilaian Kantor Pelayanan Terbaik Tahun 2017 di KPP-KPP yang termasuk dalam wilayah kerja Kanwil DJP Jatim II di Sidoarjo (Senin, 3/10). Hal ini dilakukan sebagai bagian dari tugas dan fungsi yang telah diamanahkan dalam hal monitoring dan evaluasi unit kerja sehubungan dengan pelayanan yang diberikan kepada wajib pajak. Penilaian ini dilakukan secara serentak dan berlangsung sejak Juli sampai dengan Oktober 2017. Seluruh KPP yang berada di wilayah kerja Kanwil DJP Jatim II berlomba-lomba menjadi yang terbaik.

KPP-KPP yang menjadi wilayah kerja Kanwil DJP Jatim II terdiri atas 15 (lima belas) KPP meliputi KPP MadyaSidoarjo, KPP Pratama Sidoarjo Utara, KPP Pratama Sidoarjo Barat, KPP Pratama Sidoarjo Selatan, KPP Pratama Gresik Utara, KPP Pratama Gresik Selatan, KPP Pratama Mojokerto, KPP Pratama Bojonegoro, KPP Pratama Lamongan, KPP Pratama Tuban, KPP Pratama Madiun, KPP Pratama Ngawi, KPP Pratama Ponorogo, KPP Pratama Bangkalan, dan KPP Pratama Pamekasan.

Kepala Kanwil DJP JawaTimur II, Neilmaldrin Noor, menjelaskan bahwa kegiatan penilaian Kantor Pelayanan Terbaik Tahun 2017 ini dimaksudkan untuk melihat secara langsung bagaimana dan seperti apa pelayanan yang diberikan KPP terhadap wajib pajak berdasarkan standar pelayanan yang ada. Kualitas pelayanan yang baik tentunya akan memberikan kenyamanan bagi wajib pajak dalam berinteraksi dengan petugas pajak dan menimbulkan kesan positif bagi pengguna layanan. Kekuatan dari kesan positif tersebut diharapkan dapat disampaikan juga kepada para wajib pajak lainnya.

Muara dari kegiatan ini adalah agar dengan pelayanan yang prima, kenyamanan yang dihasilkan, dan kesan positif yang timbul dari layanan akan menggugah kesadaran Wajib Pajak sekaligus mau dan mampu untuk memenuhi kewajiban perpajakannya secara sukarela (voluntary compliance).

Nyoman Ayu Ningsih selaku Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat memaparkan lebih lanjut bahwa dalam kegiatan penilaian Kantor Pelayanan Terbaik Tahun 2017 ini terdapat beberapa kriteria baru yang mengacu kepada PermenPAN-RB Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Lingkungan Instansi Pemerintah dan Undang-Undang No 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.

Ditemui dalam ruang kerjanya pada Jum’at  kemarin (13 Oktober 2017), Kepala KPP Madya Sidoarjo, Teguh Iman Wirotomo, sangat mendukung kegiatan penilaian Kantor Pelayanan Terbaik tersebut dan berharap dapat memperoleh input (masukan) terkait dengan bagaimana agar dapat meningkatkan pelayanan yang diberikan kepada Wajib Pajak dalam upaya meningkatkan kepatuhan secara sukarela (voluntary compliance). Hal ini penting mengingat KPP Madya Sidoarjo merupakan salah satu unit kerja yang menjadi tulang punggung penerimaan pajak di Kanwil DJP Jatim II.

Dengan jumlah petugas pajak yang dirasakan belum memadai jika dibandingkan dengan kuantitas wajib pajak yang ada, maka salah satu upaya untuk menggugah kesadaran dan kepatuhan wajib pajak secara sukarela adalah dengan meningkatkan kualitas pelayanan. Diharapkan dengan pelayanan yang prima, membuat wajib pajak semakin nyaman sekaligus membangun kepercayaan ketika berinteraksi dengan petugas pajak dengan tetap menjaga integritas sehingga pada akhirnya tercipta kesadaran dan ketaatan wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakannya.