Senin, 3 Juni 2013 - 10:30

Dalam rangka menumbuhkan budaya kinerja dan sebagai wujud penghargaan dari organisasi bagi pegawai yang berkinerja baik, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) memulai langkah awal dengan memberikan penghargaan kepada pegawai berdasarkan kinerja individu melalui Program Penghargaan Kinerja Pegawai pada Jabatan Tertentu di Lingkungan DJP tahun 2013 yang selanjutnya disebut Program Penghargaan Kinerja Pegawai. Program ini merupakan kelanjutan dari program yang sama yang sudah dilaksanakan pada tahun 2011 dan 2012, untuk tahun 2013 program ini diikuti oleh seluruh pejabat Eselon IV di lingkungan DJP. Proses seleksi  dibagi menjadi dua tahap, yaitu seleksi tingkat I dan seleksi tingkat II.

Tujuan diadakannya program ini antara lain, memberikan penghargaan kepada pegawai yang berkinerja baik, memberikan motivasi kepada pegawai dan sebagai langkah awal dalam memberikan penghargaan kepada pegawai yang dalam tahun tahun berikutnya  akan diberikan kepada setiap jenis dan level jabatan pada tiap tingkatan.

“Saya berharap peserta seleksi dalam melakukan presentasi tidak hanya terpaku diam di satu tempat, peserta juga harus bisa membuat suasana jadi menarik agar  penonton tidak menjadi bosan mendengarkan presentasinya. Itu menjadi salah satu penilaian dalam seleksi ini” demikian sekilas disampaikan Agus Hudiyono, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) DJP Jawa Timur II yang menjadi juri dalam sambutannya pada acara “Pemilihan Eselon IV Terbaik Kantor Wilayah DJP Jawa Timur II” yang bertempat di aula Kanwil DJP Jawa Timur II tanggal 22 Mei 2013.

Pemilihan eselon IV terbaik  ini sampai pada tahap seleksi  kemampuan presentasi eselon IV. Seleksi  di lingkungan Kanwil DJP Jatim II diikuti perwakilan dari masing-masing bidang dan bagian. Bagian Umum diwakili oleh Januar Nurwulan, Kepala Sub Bagian Rumah Tangga, Bidang Duktekkon diwakili Nidia Sukma Azwir, Kepala Seksi Data dan Potensi, Bidang P2Humas diwakili Nina Juniarsih, Kepala Seksi Bimbingan Pelayanan, Bidang P4 diwakili Soesilowati, Kepala Seksi Bimbingan Pemeriksaan dan Kepatuhan Internal, Bidang KEP diwakili Abd. Fatah Kepala Seksi Bimbingan Ekstensifikasi Perpajakan dan Bidang Pengurangan Keberatan dan Banding diwakili oleh Mochammad Deddy Sapto Utomo.

Masing-masing  peserta seleksi diberi waktu 10 menit  untuk mempresentasikan materi yang sudah  dipilihnya. Setelah peserta melakukan presentasi, diberikan waktu 5 menit kepada penonton untuk memberikan pertanyaan sehubungan dengan materi yang dibawakan peserta seleksi. Peserta harus mampu menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh penonton.

Seleksi  kemampuan presentasi dilakukan setelah dilakukan penilaian disiplin kehadiran, multirater survey dan capaian kinerja. Yang menjadi fokus utama penilaian presentasi adalah : presentation content (penilaian isi/materi), visual aids (penilaian tampilan slide presentasi), performance (penilaian cara dan sikap saat menyampaikan presentasi), dan general assesment (penilaian umum dalam suatu presentasi). Selain penguasaan materi, kemampuan untuk membuat presentasi menjadi menarik, mampu mengelola waktu yang diberikan dengan efektif harus dimiliki tiap peserta seleksi.

Kepala Kanwil DJP jatim II berharap pemenang seleksi tingkat I di lingkungan Kanwil DJP Jawa Timur II bisa bersaing dengan 15 peserta dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) yang ada di lingkungan Kanwil DJP Jawa Timur II pada tahap seleksi tingkat II. Selamat untuk sang juara, yang belum menang tetap semangat, sukses selalu dan jangan harapkan kesuksesan sebelum melewati halangan dan rintangan karena halangan dan rintangan itu yang akan membuat kesuksesan itu menjadi lebih berarti.