Selasa, 17 Juli 2012 - 10:42

Sebagai salah satu instansi yang memegang erat budaya perbaikan di sisi sumber daya manusia dan tuntutan untuk menciptakan kompetensi pegawai yang baik, pada tahun ini Direktorat Jenderal Pajak (DJP) berinisiatif kembali menyelenggarakan program penghargaan kinerja pegawai (PKP) pada jabatan tertentu. Program ini merupakan lanjutan terhadap program serupa di tahun lalu namun berbeda pada kategori pesertanya. Program PKP kali ini mengikutsertakan peserta yang berasal dari juru sita, petugas tempat pelayanan terpadu (TPT) dan pelaksana pendukung.

Mendukung suksesnya program tersebut Kantor Wilayah (Kanwil) DJP Jakarta Selatan menyelenggarakan program PKP pada Selasa (10/7/2012) di aula Gedung Utama Kantor Pusat DJP. Bagi Kanwil DJP Jakarta Selatan program ini dianggap sebagai salah satu wujud penghargaan bagi para pegawai yang memiliki kinerja baik selama tahun 2011 seperti yang disampaikan oleh Kepala Bagian Umum (Kabag Umum) Kanwil DJP Jakarta Selatan, Elis Dewi Sartika, saat membuka acara.

Pada tahap awal program PKP telah melakukan seleksi tingkat I pada unit eselon IV dan unit eselon III Kanwil DJP Jakarta Selatan dan berhasil menyeleksi sekitar 42 (empat puluh dua) pegawai berdasarkan cakupan nilai evaluasi kinerja pelaksana, disiplin jam kerja hingga voting kuesioner perilaku pelaksana untuk ketiga kategori tersebut yang akan kembali di seleksi pada tingkat II. Seleksi tingkat II dimulai oleh para peserta tersebut dengan terlebih dahulu membuat makalah terkait masalah serta solusi yang selama ini dihadapi pada bidang pekerjaan masing-masing.

Uji kompetensi teknis terkait bidang pekerjaan masing-masing menjadi syarat selanjutnya. Pada tahap ini para peserta harus menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diujikan lewat soal-soal pilihan berganda berjumlah 45 (empat puluh lima) soal dalam waktu 20 (dua puluh) menit. Hasil penilaian antara uji kompetensi teknis dan makalah menjadi dasar bagi tim penilai sesuai pembobotan tertentu untuk menentukan tiga peserta terbaik dengan nilai tertinggi yang akan maju pada tahap selanjutnya yaitu uji presentasi.

Berdasarkan pembobotan kedua unsur tersebut, akhirnya program PKP Kanwil DJP Jakarta Selatan berhasil menyeleksi sembilan orang pegawai untuk ketiga kategori yang akan menyampaikan uji presentasi di hadapan tim penilai. Tim penilai sendiri melakukan uji presentasi dengan melakukan penilaian dari unsur presentation content, visual aids, performance, dan general assessment. Tim penilai untuk uji presentasi seleksi tingkat II terdiri dari Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (Kabid P2 Humas), Endaryono, Kepala Bidang Kerjasama, Ekstensifikasi dan Penilaian (Kabid KEP), Richard Burton, dan Kepala Bagian Umum (Kabag Umum), Elis Dewi Sartika.

Setelah kesembilan peserta melakukan uji presentasi, tim penilai melalui sistem pembobotan yang telah ditentukan akhirnya berhasil menetapkan tiga orang pemenang seleksi tingkat II berdasarkan ketiga kategori yang telah ditentukan. Kategori Pelaksana pendukung dimenangkan oleh Dedy Antropov, pelaksana Seksi Bimbingan Pelayanan Kanwil DJP Jakarta Selatan, kategori Juru Sita dimenangkan oleh Tri Rizki Mefianto, juru sita seksi penagihan KPP Pratama Jakarta Setiabudi Tiga dan kategori petugas TPT dimenangkan oleh Dinny Anggraeny, yang dahulunya merupakan pelaksana seksi pelayanan dan telah dimutasi sebagai pelaksana seksi pengawasan dan konsultasi II KPP Pratama Jakarta Setiabudi Tiga.

Ketiga pemenang untuk masing-masing kategori menerima hadiah berupa piagam serta berbagai bingkisan yang telah disiapkan oleh panitia. Sebagai catatan juga, ketiga pemenang beserta seluruh peserta yang mengikuti seleksi tingkat II juga berhak memperoleh tambahan insentif dengan nilai tertentu sebagai penambah motivasi kerja.

Kepala Kanwil (Kakanwil) DJP Jakarta Selatan, Pandu Bastari, menanggapi antusias dengan adanya program PKP yang menurut beliau sebagai salah satu program yang bagus dan sebaiknya terus dilangsungkan pada tahun-tahun berikutnya sebagai bentuk penghargaan terhadap para pegawai yang memiliki kinerja baik.

“Program Penghargaan Kinerja Pegawai pada jabatan tertentu pada dasarnya merupakan wujud penghargaan organisasi kepada pegawai yang berkinerja baik dan memberikan motivasi kepada pegawai DJP khususnya pegawai yang berhubungan erat dengan tugas dan tanggung jawab terkait penerimaan pajak”, disampaikan Kakanwil seusai memberikan piagam penghargaan kepada para pemenang.

Beliau juga tak lupa menyampaikan ucapan selamat kepada para pemenang dan mengharapkan kinerja yang telah ditunjukkan selama ini semakin ditingkatkan serta mengajak kepada para pegawai lain untuk turut meningkatkan kinerja lagi sebab DJP telah menunjukkan adanya inisiatif untuk memberikan penghargaan lebih kepada pegawai dengan prestasi kinerja yang baik.

Selain itu dalam rangkaian acara turut diberikan apresiasi terhadap para pegawai yang telah berinovatif dalam menciptakan aplikasi Simentor (Sistem Manajemen Kantor) pada Kanwil DJP Jakarta Selatan yaitu Soni Liston Bukit, Hotsaritua Situmorang, Bagus Wahyu Tendroutomo, Denar Mawatama dan Anton Yudhie Wibowo.

Program PKP yang terselenggara di Kanwil DJP Jakarta Selatan merupakan salah satu bagian dari proses terciptanya cetak biru manajemen sumber daya manusia Direktorat Jenderal Pajak 2011-2018. Terselenggaranya acara menunjukkan bahwa prestasi kinerja pegawai telah mulai dilakukan perbaikan dan budaya berkompetisi yang berujung kepada pegawai yang memiliki kompetensi bagus menjadi harapan yang ingin dicapai dari terselenggaranya acara ini.