Pengusaha Balikpapan Berikan Testimoni Pajak

Talkshow Bincang Pajak bersama Samon Jaya (Kepala Kanwil DJP Kalimantan Timur dan Utara), Roy Nirwan (Pengusaha Balikpapan) dan Emri Mora Singarimbun (Kepala Bidang P2Humas Kanwil DJP Kalimantan Timur dan Utara)

Sebagai salah satu pengusaha Balikpapan yang taat pajak, Roy Nirwan, pemilik PT Balikpapan Ready Mix (BRM), memberikan testimoninya dalam Bincang Pajak pada program KK Jessica KPFM 95.4 Mhz Balikpapan, Kamis (7/9).

Menjadi pengusaha yang tertib atau taat membayar pajak, membuat Roy leluasa dan tenang menjalankan roda bisnisnya. “Kami bisa lebih tenang, dan konsentrasi pada usaha, tidak perlu takut siapa yang datang untuk bertemu”, ujar Roy yang juga merupakan Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Balikpapan.

Roy mengakui perusahaan yang ia kelola didukung staf mumpuni dalam hal perpajakan. Menurutnya, atlet-atlet yang bernaung di KONI harus taat pajak. “Setiap pemberian bonus atlet, otomatis sudah dipotong pajak atas nama yang bersangkutan”, ujarnya. Namun, Roy menambahkan, masih banyak atlet memperoleh penghasilan dibawah PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak).

Pada acara tersebut hadir pula Kepala Kanwil DJP Kalimantan Timur dan Utara, Samon Jaya, beserta Kepala Bidang P2Humas Kanwil DJP Kalimantan Timur dan Utara, Emri Mora Singarimbun. Samon sangat mengapresiasi masyarakat yang telah menjalankan kewajibannya sebagai warga negara yang baik dengan tertib dan taat pajak.

"Saya sependapat dengan Pak Roy bahwa pengusaha yang sukses itu berawal dari taat pajak, kami harapkan ke depannya banyak pengusaha-pengusaha seperti Pak Roy”, ujar Samon. “Kami juga berterima kasih kepada pengurus Persiba Balikpapan yang kini tertib dalam hal perpajakan para pemainnya”, lanjutnya.

Disinggung pelayanan di kantor pajak secara umum, menurut Roy, sekarang lebih baik. "Para pegawai pajak kini sudah memiliki standar product knowledge yang sama, sehingga saat bertanya antara pegawai satu dengan pegawai yang lainnya mendapat jawaban yang sama”, katanya.

Samon menjelaskan lebih lanjut kalau pihaknya membuka diri untuk menerima masukan dari berbagai pihak agar terus menjadi lebih baik. “Untuk masyarakat atau instansi yang ingin mendapatkan penyuluhan perpajakan, kami siap memberikan penyuluhan secara gratis tanpa dipungut biaya apapun”, timpal Emri Mora Singarimbun sembari menyebutkan informasi mengenai perpajakan bisa buka di website www.pajak.go.id, menghubungi call center 1500200 atau datang langsung ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) atau Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) terdekat.