Pelaku UMKM Balikpapan Minati Seminar BDS Kanwil DJP Kaltimra

Pelaku UMKM Balikpapan Minati Seminar Kanwil DJP-STIE Madani

Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kaltimra bekerjasama dengan STIE Madani menyelenggarakan acara Business Develpoment Service (BDS) yang berupa Seminar Wirausaha dengan tema "Strategi Tepat, Omzet Berlipat" di aula rumah jabatan Walikota Balikpapan (Selasa, 26/9)

Acara yang dibuka oleh Walikota Balikpapan, HM.Rizal Effendi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan para pelaku usaha khususnya di kalangan UMKM agar dapat melipatgandakan omset mereka dengan strategi2 yg diuraikan dalam acara tersebut. Kanwil DJP Kaltimtara Samon Jaya yang mengawali acara ini dengan sambutan pertama menegaskan bahwa acara ini digagas untuk memberi bekal kepada para pelaku usaha baik yang telah terdaftar sebagai Wajib Pajak (WP) maupun belum agar dapat mengembangkan lagi usahanya. Dengan berkembangnya usaha Wajib pajak maka diharapkan sumbangsih pengusaha tersebut kepada negara melalui pajak dapat meningkat pula.

Sementara itu Walikota Balikpapan, HM.Rizal Effendi dalam sambutannya mengajak para pelaku usaha Balikpapan yg hadir dalam acara tersebut untuk lebih 'pintar' dalam menjalankan bisnisnya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi setiap pelaku bisnis yang menjalankan usahanya di Balikpapan agar dapat sukses mengembangkan usaha :
1. Kebersihan / hygiene produk.
2. Kemasan produk ; yg perlu mendapat perhatian utama bila ingin meningkatkan omzet penjualan.
3. Ketertiban & kebersihan lokasi berjualan
4. Kejujuran pedagang supaya hasilnya 'berkah dan halal'

Acara inti diisi oleh Sani Gazali yg merupakan salah seorang dosen di STIE Madani dan merupakan pendiri (founder) Balikpapan Creative Forum memberikan berbagi tips dan strategi dalam memasarkan sebuah produk . Positioning atau segmentasi pasar merupakan hal utama yg harus diperhatikan sebelum melangkah ke tahap2 lain dalam memasarkan sebuah produk. Tak lupa, acara ini dilengkapi pula oleh penawaran fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang dapat diakses / dimanfaatkan oleh para peserta Seminar disampaikan oleh Relationship Manager BRI Cabang Balikpapan Elon Cahyo Atmoyo. Para pengusaha UMKM yang hadir dalam acara tersebut terlihat sangat antusias dalam mengikuti penjelasan yang disampaikan oleh pemateri. Hal ini tampak pula dari banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh peserta yang belum puas dengan penjelasan pemateri sekaligus meminta solusi terhadap berabgai permasalahan bisnis yang mereka hadapi di lapangan.

Acara ditutup dengan ramah tamah antara peserta, pemateri dan panitia yang menghasilkan usulan / rencana untuk menindaklanjuti acara ini menjadi sebuah forum yang akan difasilitasi oleh STIE Madani Balikpapan bekerjasama dengan Kanwil DJP Kalimantan Timur dan Utara (Kaltimra).(*)