Pelaksanaan Sosialisasi Pendaftaran e-FIN dan Tata Cara Penyampaian SPT Tahunan Orang Pribadi melalaui e-Filing KPP Pratama Jakarta Tamansari Satu

Sosialisasi e-Filing Tamansari Satu

Bertempat di Aula Fiskaloka Lantai V Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Jakarta Tamansari Satu, Jl Mangga Besar Raya No 52 Tamansari Jakarta Barat, pada tanggal 11 Februari 2014 dan 12 Februari 2014 Telah Dilaksanakan Sosialisasi /Penyuluhan Pendaftaran e-FIN dan Tata cara Penyampaian SPT Tahunan Orang Pribadi tahun 2013 melalui e-Filing. Dan materi yang kedua adalah Sosialisasi perubahan SPT Masa PPh Pasal 21 dan bukti potong PPh pasal 21/26. Pelaksanaan sosialisasi dengan metode kelas pajak ini dilaksanakan 2 kali sehari yaitu jam 9.00 WIB s/d 11.30 WIB dan Jam 14.00WIB s/d 16.30 WIB. Dengan Jumlah peserta sebanyak 274 wajib pajak dari undangan 500 wajib pajak.

Acara dibuka oleh Bentito Prayitno, Kepala Kantor KPP Pratama Jakarta Tamansari Satu, Selanjutnya materi mengenai e-Filing dibawakan oleh masing-masing Account Representative Seksi Pengawasan dan Konsultasi (Waskon) I, II, III dan IV KPP Pratama Jakarta Tamansari Satu antara lain: Soliandou Romdhoni, Akhris Fauzi, Tursiyanto, Marnanda Boy Sinaga, Eka Setiawan Hidayat, dkk  senagai tenaga penyuluh yang telah mengikuti sosialisasi mengenai e-filing pada Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

"Dengan e-Filing, pelaporan SPT Tahunan semakin mudah dengan hanya 3 langkah, mengajukan permohonan e-FIN, daftar di website dan laporkan SPT secara online. Mudah, murah dan cepat serta mendukung program go green dengan paperless," ujar Bentito Prayitno. Dengan sistem e-Filing diharapkan dapat meningkatkan ratio tingkat kepatuhan penyampaian SPT Tahunan Orang Pribadi di KPP Pratama Jakarta Tamansari Satu.

Akhris Fauzi dalam pemaparannya, mengatakan bahwa e-filing ini bertujuan untuk memudahkan wajib pajak dalam menyampaikan SPT Tahunan Orang Pribadi kapan saja dan dimana saja dengan menggunakan  perangkat elektronik internet. Penyampaian SPT Tahunan selain dapat melalui DropBox, Direktorat Jenderal Pajak memberikan kemudahan kepada wajib pajak untuk menyampaikan SPT Tahunan dengan e-filing melalui website efiling pajak.go.id. Pada tahun 2014 sesuai data dari Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak menargetkan 700.00 Wajib Pajak yang melaporkan e-Filing secara nasional, Sebelum Wajib Pajak menyampaikan SPT Tahunan melalui e-Filing WP diharuskan mendaftarkan e-FIN ke kantor pajak terdekat dan setelah itu melakukan registrasi e-Filing di website efiling.pajak.go.id. Setelah acara sosialisasi selesai wajib pajak secara langsung mendaftarkan e-FIN ke KPP Pratama Jakarta Tamansari Satu dan sekaligus mendapatkan nomor e-FIN.