Patur SDN Kota Bambu 03 Pagi, Berbagi Bangun Negeri

Patur SDN Kota Bambu 03 Pagi, Berbagi Bangun Negeri

Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak menyelenggarakan program yang bertajuk “Pajak Bertutur” (Patur) pada tanggal 11 Agustus 2017 yang diadakan secara serentak di seluruh Indonesia. Pajak Bertutur merupakan upaya bersama Ditjen Pajak dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi selaku pihak yang membidangi pendidikan. Tujuannya adalah untuk menanamkan kesadaran pajak kepada peserta didik dan tenaga pendidik melalui integrasi materi kesadaran pajak dalam Pendidikan.

Pajak Bertutur ini diadakan dari tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai Perguruan Tinggi. Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Jakarta Kebon Jeruk Dua yang merupakan salah satu bagian unit organisasi DJP ikut ambil bagian dalam program Pajak Bertutur ini. KPP bekerja sama dengan SD Negeri Kota Bambu 03 Pagi Jakarta Barat sebagai tempat pelaksanaan Pajak Bertutur. Acara ini diikuti oleh 50 (Lima Puluh) siswa kelas lima dan enam bersama para tenaga pengajar di SD Negeri Kota Bambu 03 Pagi.

Acara dibuka Temi Utami selaku Kepala KPP Pratama Jakarta Kebon Jeruk Dua. Dalam sambutannya Temi menyampaikan kepada peserta tentang pentingnya peran pajak untuk pembangunan di Indonesia, karena 75 (tujuh puluh lima) persen pembiayaan negara dibiayai dari uang pajak. Dia juga menekankan bahwa kesadaran perpajakan harus sudah ditanamkan sejak usia dini agar kelak setelah dewasa anak-anak akan mengerti dan paham akan pentingnya membayar pajak. Sambutan selanjutnya oleh Kepala Sekolah SD Negeri Kota Bambu 03 Pagi, Eli Suryana. Dalam sambutannya Eli mengucapkan terima kasih atas diselenggarakannya acara Pajak Bertutur di SD Negeri Kota Bambu 03 Pagi.

Materi Pajak Bertutur disampaikan oleh tim pengajar yaitu Imam Suharto dan Hendra Sofian selaku Account Representative di KPP Pratama Jakarta Kebon Jeruk Dua. Materi yang disampaikan disesuaikan dengan karakteristik jiwa anak-anak SD. Materi disajikan dengan konten animasi yang mudah dimengerti oleh peserta. Tema materi adalah berbagi dan bergotong royong sesuai dengan filosofi membayar pajak yaitu berbagi dan bergotong royong untuk pembangunan Indonesia. Anak-anak dijelaskan bahwa kelak jika sudah besar dan sudah memiliki penghasilan maka mereka berkewajiban untuk membayar pajak sebagai sumbangsih mereka untuk pembangunan Indonesia.

Tim Pengajar menekankan bahwa pajak itu dari kita, oleh kita dan untuk kita, dimana semua manfaat pajak pada akhirnya akan kembali ke kita sendiri. Tim pengajar juga menjelaskan tentang manfaat pajak kepada peserta, yaitu untuk membangun jalan, membangun jembatan, membangun sekolah semuanya dibiayai oleh uang pajak. Anak-anak pun sekarang sudah mengerti bahwa sekolah SD mereka dibangun dengan uang pajak. Para siswa terlihat sangat antusias selama acara berlangsung terutama di sesi tanya jawab. Bagi siswa yang berhasil menjawab pertanyaan akan diberi hadiah oleh tim pengajar. Dengan semangat bersama sama anak anak meneriakkan jargon “Kami Anak Indonesia Suka Berbagi” sebagai tanda berakhirnya acara pajak bertutur di SD Negeri Kota Bambu 03 Pagi. Acara ditutup dengan sesi foto bersama seluruh peserta dan seluruh tim. Ayo peduli Pajak. (*)