Pajak Bertilawah Semarakkan Khatam Al-Qur'an Massal di Kota Pontianak

Pajak Bertilawah Semarakkan Khatam Al-Qur'an Massal di Kota Pontianak

Rabu (20/09) unit-unit kerja Direktorat Jenderal Pajak secara serentak melakukan khatam Al qur’an. Gerakan yang disebut dengan “Pajak Bertilawah” ini pada mulanya digagas oleh KPP Pratama Gresik Utara. Meski merupakan gerakan kerelawanan, gerakan dengan cepat meluas hingga diikuti oleh 365 unit kerja di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak. Gerakan khatam Al qur’an dilakukan oleh para karyawan pada unit kantor yang telah berkomitmen berpartisipasi.

Tiga puluh juz dibagi habis sebanyak jumlah karyawan yang turut serta dalam gerakan ini. Pembacaan Al qur’an dilakukan baik secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri dalam tenggat waktu yang sama yaitu mulai Selasa (19/09) setelah Magrib sampai dengan Rabu (20/09) sebelum Maghrib. KPP Pratama Pontianak adalah salah satu dari unit kantor Direktorat Jenderal Pajak yang turut serta berpartisipasi dalam gerakan “Pajak Bertilawah”.

Di Kota Pontianak, gerakan “Pajak Bertilawah” ternyata dilakukan berbarengan dengan kegiatan Khatam Al qur’an massal (20/09) yang diselenggarakan Pemerintah Kota Pontianak, Kalimantan Barat dalam rangka menyambut Hari Jadi Kota Pontianak yang ke-246. Khatam Al qur’an massal diikuti oleh 15 ribu siswa mulai dari tingkat SD hingga SMP/sederajat di Kota Pontianak dan direncanakan tercatat dalam rekor MURI sebagai khataman Al qur’an massal terbanyak.

“Pajak Bertilawah adalah bentuk ikhtiar kami para insan perpajakan. Kami tentu merasa sangat senang karena gerakan ‘Pajak Bertilawah’ ini dapat turut menyemarakkan khataman Al qur’an massal yang diselenggarakan oleh Pemkot Kota Pontianak. Artinya, kami tidak sendirian mengetuk pintu langit untuk memohon keberkahan dan belas kasih serta kemurahan hati Allah SWT agar kita semua diberikan keberkahan dan kemudahan dalam menjalani kehidupan dan melaksanakan tugas-tugas yang telah diberikan,” kata Nurbaeti Munawaroh Kepala KPP Pratama Pontianak.

Ia menambahkan bahwa Pajak Bertilawah adalah bentuk ikhtiar kami setelah seluruh daya dan upaya yang telah dilakukan oleh seluruh insan perpajakan dalam menjalankan tugas memenuhi amanah yang telah di berikan oleh bangsa dan negara,. Ia menyambut baik gerakan ini dan berharap mudah-mudahan dapat dilakukan terus menerus di KPP Pratama Pontianak, misalkan seminggu sekali atau sebulan sekali. Gerakan ini diyakini mempunyai efek yang sangat positif bagi karyawan yaitu dalam rangka membentuk karakter menjadi insan terbaik yang amanah.