Organisasi Gereja Toraja Mamasa Belajar Pajak

Organisasi Gereja Toraja Mamasa Belajar Pajak

Ingin belajar pajak, Badan Pekerja Sinode Gereja Toraja Mamasa(BPS-GTM) mengundang KP2KP Mamasa untuk memberikan sosialisasi perpajakan di Aula BPS GTM (Kamis, 12/10). Sosialisasi ini dihadiri oleh pengurus, ketua-ketua yayasan di bawah naungan BPS GTM, beserta beberapa Pendeta Gereta Toraja Mamasa.

Kegiatan dimulai pukul 09.00 WITA. Sosialisasi dibuka oleh Matius selaku ketua tiga BPS GTM. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan penjelasan singkat tentang garis besar dan latar belakang pajak oleh Kepala KP2KP Mamasa, Frans Pasamboan. Setelah penjelasan singkat oleh Kepala KP2KP Mamasa, sosialisasi dilanjutkan dengan materi tentang hak dan kewajiban perpajakan orang pribadi dan badan yang bersifat non profit, seperti lembaga dan yayasan. Mulai dari cara penghitungan pajak, sampai pelaporan SPT Masa dan SPT Tahunan dijelaskan secara detail.

Peserta yang hadir rupanya ada beberapa yang memiliki usaha sehingga terlihat fokus saat pemateri menjelaskan PP Nomor 46 Tahun 2013. Banyak pertanyaan yang diajukan oleh peserta sosialisasi selama kegiatan berlangsung. Dari pertanyaan dan tanggapan peserta, nampak bahwa peserta paham dengan apa yang dijelaskan, sehingga pertanyaan yang diajukan peserta diakui berbobot oleh pemateri.

“Kami sangat mengapresiasi upaya BPS GTM untuk belajar dan memahami pajak. Bangsa ini butuh masyarakat yang sadar akan pentingnya pajak sehingga pembangunan dapat berjalan baik dan cita-cita bangsa pun dapat tercapai," tutur Frans Pasamboan, menutup sesi tanya-jawab. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama oleh kedua belah pihak. Diharapkan dengan kegiatan seperti ini, semakin banyak wajib pajak yang paham tentang hak dan kewajiban perpajakannya.(vrp/*)