Office Tour 2012, Sharing Values Organisasi

Ada bermacam cara untuk mendekatkan pajak kepada khalayak umum. Salah satu cara unik yang dilakukan oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jakarta Selatan adalah dengan menyelenggarakan program Office Tour. Walaupun bukan acara baru, bagi Kanwil DJP Jakarta Selatan, Office Tour 2012 dianggap sebagai salah satu media yang paling mudah dan menarik perhatian khalayak umum. Seperti tahun-tahun sebelumnya peserta Office Tour kali ini pun berasal dari kalangan mahasiswa. Para mahasiswa tersebut berasal dari tiga universitas yaitu Universitas Bakrie Universitas Nasional dan Universitas Pancasila yang merupakan bagian dari Tax Center yang telah bekerja sama dengan Kanwil DJP Jakarta Selatan selama ini. Dipilihnya mahasiswa dimaksudkan agar mahasiswa lebih memahami bagaimana peranan pajak bagi pembangunan negara serta proses bisnisnya hingga nilai-nilai organisasi yang ada di Direktorat Jenderal Pajak. Pelaksanaan kali ini diselenggarakan pada hari Selasa 29 Mei 2012 dengan memilih Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Jakarta Pasar Minggu sebagai tuan rumah penyelenggaraan acara.

“Ada tiga tujuan utama dari penyelenggaraan acara ini, Pertama, mahasiswa mengenal apa itu pajak, manfaat pajak hingga peranan pajak itu seperti apa. Kedua bagaimana sebenarnya proses bisnis dan tata kelola perpajakan di Indonesia terutama bolehkah membayar pajak di kantor pajak hingga akan dikemanakan uang pajak yang telah disetor dan tujuan terakhir pengenalan mengenai nilai-nilai organisasi yang ada di Direktorat Jenderal Pajak”, tutur Kepala Bidang (Kabid) Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (P2 Humas) Kanwil DJP Jakarta Selatan, Endaryono, ketika membuka acara Office Tour di aula KPP Pratama Jakarta Pasar Minggu. Endaryono juga mengharapkan setelah terselenggaranya acara ini para mahasiswa mampu menjadi agen-agen penular semangat nilai-nilai organisasi di DJP kepada masyarakat umum sehingga masyarakat mengetahui bahwa DJP dalam bekerja senantiasa berpegang terhadap nilai-nilai organisasi yang meliputi integritas, profesionalisme, sinergi, pelayanan dan kesempurnaan.

Acara yang diawali dengan pembukaan dari Kabid P2 Humas Kanwil DJP Jakarta Selatan tersebut dilanjutkan secara berturut-turut dengan pemaparan kuliah umum dari narasumber yang berasal dari KPP Pratama Jakarta Pasar Minggu. Kepala KPP Pratama Jakarta Pasar Minggu, Djumadi, langsung memberikan kuliah umum mengenai tugas pokok dan fungsi yang ada di KPP Pratama Jakarta Pasar Minggu. Selain itu Kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi (Waskon) I KPP Pratama Jakarta Pasar Minggu, Irfan, juga turut ambil bagian ketika menyajikan pemaparan mengenai apa sebenarnya pajak tersebut, bagaimana pentingnya pajak serta secara tak sadar semua orang ternyata akan terus dipajaki karena pajak telah menjadi kewajiban yang terus melekat pada setiap orang. Tentunya pemaparan disajikan dengan lebih sederhana dan dibumbui banyak canda tawa sehingga tidak membuat peserta terlihat tegang. Para peserta juga berkesempatan untuk mengajukan pertanyaan kepada para narasumber. Selanjutnya kolaborasi kedua narasumber tersebut menjawab beberapa pertanyaan kritis yang diajukan oleh para mahasiswa

Pada acara kali ini, para peserta tak hanya memperoleh kuliah umum perpajakan tetapi juga berkesempatan untuk melihat langsung bagaimana proses bisnis sebenarnya dari kantor pajak modern yang diwakili oleh KPP Pratama Jakarta Pasar Minggu. Lewat bimbingan beberapa kepala seksi di KPP Pratama Jakarta Pasar Minggu para peserta yang telah tergabung dalam beberapa kelompok berkeliling mengitari area kompleks KPP Pratama Jakarta Pasar Minggu. Antusias terlihat dari wajah para mahasiswa ketika mereka berkali-kali melontarkan pertanyaan kepada para karyawan setiap mengitari seksi-seksi yang dikunjungi. Para karyawan pun dengan senang hati menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa terutama yang berkaitan dengan teknis perpajakan baik perhitungan pajak maupun tata cara pengisian Surat Pemberitahuan (SPT) baik masa maupun tahunan.

“Ternyata pegawai pajak itu ramah-ramah, terutama senyumannya. Selain itu proses kerjanya juga cukup memuaskan. Pelayanannya bagus sekali membuat saya terkesan dan ingin bekerja di kantor pajak nantinya. Pokoknya membuat saya makin cinta dengan pajak”, kesan Nella, salah seorang mahasiswa yang berasal dari Universitas Nasional. “Acaranya sudah cukup baik, semoga acara seperti ini ada lagi di tahun depan”, salah satu pesan yang disampaikan oleh Jane mahasiswa Universitas Bakrie terkait penyelenggaraan Office Tour kali ini.

Pesan serupa juga disampaikan oleh perwakilan Tax Center yang diwakili oleh Erwin selaku pengurus Tax Center Universitas Nasional. “Acara seperti ini sangat diperlukan untuk mensosialisasikan kesadaran wajib pajak”, tegas Erwin ketika memberikan kata sambutan selaku perwakilan Tax Center. Selain itu Erwin juga mendukung reformasi yang ada di perpajakan dan menilai beberapa kasus yang selama ini terjadi hanya merupakan oknum yang ingin mencoreng nilai-nilai organisasi di DJP.

Menanggapi harapan dan kesan tersebut, Kepala KPP Pratama Jakarta Pasar Minggu, Djumadi, merespon dengan sangat baik. Selain merasa bangga karena telah dipilih sebagai tuan rumah bagi penyelenggaraan Office Tour, Djumadi juga sangat senang karena acara telah berjalan dengan lancar dan memuaskan para peserta. Sebagai penutup acara, Djumadi juga berpesan kepada para peserta agar tak sungkan untuk bertanya atau pun berdiskusi soal perpajakan kepada para karyawan KPP Pratama Jakarta Pasar Minggu setelah selesainya acara ini.

“Jika ada mahasiswa yang merasa belum terpuaskan dengan acara ini dan ingin lebih memahami pajak baik berdiskusi atau pun bertanya, saya beserta seluruh pegawai siap untuk diajak berdiskusi. Kalau perlu kita siap kalau nantinya ada study club perpajakan bagi mahasiswa.”, tutur Djumadi ketika menutup acara.

Penyelenggaraan acara yang santai dan tidak hanya pemaparan teori membuat acara berlangsung jauh lebih seru. Mahasiswa pun dengan akrab bertanya kepada para karyawan. Tidak ada rasa canggung sedikit pun. Inilah tujuan yang ingin dicapai oleh Kanwil DJP Jakarta Selatan. Pelaksanaan office tour menjadi jauh lebih berkesan sehingga mahasiswa lebih paham akan pentingnya pajak bagi pembangunan dan tentunya mahasiswa mampu menjadi agen-agen penyampai semangat nilai-nilai organisasi di DJP yang meliputi Integritas, Profesionalisme, Sinergi, Pelayanan dan Kesempurnaan kepada masyarakat umum yang menjadi tujuan utama dalam penyelenggaraan acara ini.