Meriah, Uji Presentasi dan Acara Penganugerahan PKP Kanwil DJP Jakarta Selatan I

Pemenang Terbaik Kanwil DJP Jaksel I

Kanwil DJP Jakarta Selatan I telah menyelesaikan proses seleksi tingkat II tahap I dalam rangka Program Penghargaan Kinerja Pegawai (PKP) tahun 2016 pada 5 Agustus 2016. Ada beberapa proses seleksi pada program PKP tahun ini yang berbeda dengan proses seleksi PKP tahun sebelumnya. Salah satunya adalah penilaian pada tahap I yang meliputi Nilai Kinerja, Makalah dan Uji Kompetensi dengan masing-masing bobot 20 %, 30 % dan 50 %.

Hasil di tahap I ini ternyata sangat ketat. Mereka yang lolos ke seleksi Uji Presentasi patut berbangga. Mereka telah menyisihkan peserta terbaik dari setiap unit kerja. Untuk setiap kategori, masing-masing kantor mengutus 3 pegawai terbaik untuk Uji Presentasi kecuali kategori Penelaah Keberatan yang mengutus 4 terbaik untuk bersaing pada uji presentasi. Seleksi tingkat II tahap I ini menghasilkan 3(tiga) orang Pejabat Eselon IV terbaik masing-masing :Richard PH dari Kanwil DJP Jakarta Selatan I, TB Sofiuddin dari KPP Pratama Tebet dan Elija Setiawan dari KPP Pratama Jakarta Setiabudi Dua. Sementara itu, Kategori Fungsional Pemeriksa Pajak menghadirkan pegawai terbaik masing-masing Ondis Parulian dari KPP Pratama Jakarta Setiabudi Empat, Aga Bhuwana Pramadi dari KPP Pratama Jakarta Pancoran, dan satu-satunya Fungsional Wanita, Golda Meyr Silitonga dari Kanwil DJP Jakarta Selatan I.

Kategori Account Representative menghadirkan JP Donnavia Hardiani dari KPP Pratama Jakarta Tebet, Moh. Sakholik dari KPP Madya Jakarta Selatan I dan Bpk. Rully Gunawan dari KPP Pratama Jakarta Pancoran. Di kategori pelaksana, kembali seorang wanita hadir bersaing dengan pelaksana pria lainnya. Retno Yuli Astuti dari KPP Pratama Jakarta Pancoran bersaing dengan Bpk. Ivan Styo Wibowo dari KPP Pratama Jakarta Tebet dan Bhayu Adi Puspita dari KPP Pratama Jakarta Setiabudi Dua. Di kategori Penelaah Keberatan (PK) justru terjadi kondisi yang berbeda, Hamzah menjadi satu-satunya pegawai pria yang memperebutkan posisi PK Terbaik dengan El Fithni, Eva Kurniawaty dan Fitriyana.

Uji Presentasi kategori PK ini terlebih dulu diadakan pada hari Senin, 15 Agustus 2016 di ruang rapat Kanwil DJP Jakarta Selatan I. Keempat peserta diuji kemampuan presentasinya di hadapan pegawai internal Kanwil DJP Jakarta Selatan I. Setelah dibuka oleh Sakli Anggoro, keempat peserta menghadapi uji presentasi dengan sangat baik. Sama sekali tak nampak ketegangan di wajah mereka. Puncak uji presentasi untuk kategori lainnya diadakan sehari sebelum peringatan Kemerdekaan Indonesia dengan mengambil tempat di Aula Gedung A KPDJP.

Acara ini juga sekaligus dirangkaikan dengan penganugerahan Pemenang PKP Tahun 2016. 12 peserta dari 4 kategori yakni Pejabat Eselon IV, Fungsional Pemeriksa Pajak, Account Representative dan Pelaksana Pendukung terbaik hadir bersama-sama dengan para pemenang dari tingkat I di unit kerja masing-masing. Uji Presentasi ini juga dihadiri oleh masing-masing kepala KPP, Pejabat Eselon III lainnya dan perwakilan pegawai dari setiap KPP dan Bidang/Bagian di Kanwil DJP Jakarta Selatan I.

Acara yang dikemas dengan sangat istimewa ini diawali dengan penarikan nomor urut tampil dan diiringi yel-yel DJP Satu Jiwa. Sekretaris Tim Seleksi, Sugeng Haryanto, memberikan laporan Tim Seleksi dan memberikan ucapan selamat bertanding kepada para peserta. Secara bergantian, Para Peserta menampilkan presentasi yang sudah disiapkan dengan sangat baik. Para peserta yang belum tampil dikarantina di lobby Gedung A sehingga menambah prestisius Uji Presentasi ini. Tim penilai yang terdiri dari Freddy Dwi Artanto (Kabid. PEP), Nirwanda Wansepta (Kabid KBP) dan Ahmad Tizani (Kabid DP3), memberikan banyak pertanyaan-pertanyaan yang cukup sulit namun diselingi dengan canda tawa untuk menghibur para peserta.

Tak jarang para peserta juga banyak yang mencandai dewan juri. Salah satu peserta bahkan menggunakan analogi Kartu dalam menjelaskan presentasinya dan menjawab pertanyaan Tim Penilai. Kemeriahan acara ini juga menghadirkan Tarian Hiphop dari Frandi Tohar S (KPP Pratama Jakarta Pancoran). Hiburan Lagu juga ditampilkan masing-masing dari Listra Lubis (KPP Pratama Jakarta Mampang Prapatan), Hendra Rahma Wiguna (KPP Pratama Jakarta Mampang Prapatan) dan Albertus Pasaribu (Kanwil DJP Jakarta Selatan I). Acara penganugerahan ini juga dimeriahkan dengan lagu-lagu daerah yang secara spontan dinyanyikan Rekno Nawansari (Kepala KPP Pratama Jakarta Pancoran) dan Wahyu Nugroho (Kepala Bidang PPIP).

Acara ini ditutup dengan pengumuman dan pemberian penganugerahan kepada para pemenang diawali pemenang di tingkat I dan pemenang di tingkat II. Pemberian penghargaan diberikan lengsung oleh Sakli Anggoro yang juga sangat mengapresiasi dan mendorong agar kegiatan sejenis dapat diadakan secara rutin dengan kategori yang lebih banyak, adil dan merata serta tidak hanya dalam kaitan program PKP.

Berikut daftar Pemenang di Kanwil DJP Jakarta Selatan I

Eselon IV Terbaik

1.T.B. SOFIUDDIN (KPP PRATAMA JAKARTA TEBET)

2.RICHARDUS PATMODJO HERNUGROHO (KANWIL DJP JAKARTA SELATAN I)

3.ELIJA SETYAWAN (KPP PRATAMA JAKARTA SETIABUDI DUA)

Fungsional Periksa Pajak Terbaik

1.ONDIS PARULIAN (KPP PRATAMA JAKARTA SETIABUDI EMPAT)

2.AGA BHUWANA PRAMADI (KPP PRATAMA JAKARTA PANCORAN)

3.GOLDA MEYR SILITONGA (KANWIL DJP JAKARTA SELATAN I)

Penelaah Keberatan Terbaik

1.HAMZAH (KANWIL DJP JAKARTA SELATAN I)

2.EVA KURNIAWATY (KANWIL DJP JAKARTA SELATAN I)

3.EL FITHNI (KANWIL DJP JAKARTA SELATAN I)

4.FITRIYANA (KANWIL DJP JAKARTA SELATAN I)

Account Representative Terbaik

1.RULLY GUNAWAN (KPP PRATAMA JAKARTA PANCORAN)

2.JOHANNA PAULA DONNAVIA HARDIANI (KPP PRATAMA JAKARTA TEBET)

3.MOH.SAKHOLIK (KPP MADYA JAKARTA SELATAN I)

Pelaksana Pendukung Terbaik

1.RETNO YULI ASTUTI (KPP PRATAMA JAKARTA PANCORAN)

2.IVAN STYO WIBOWO (KPP PRATAMA JAKARTA TEBET)

3.BHAYU ADI PUSPITA (KPP PRATAMA JAKARTA SETIABUDI DUA)