Media Gathering: Bangun Sinergi dan Edukasi.

Disuluh, wartawan tetap meliput.

Sinergi dengan insan media adalah salah satu cara untuk memperlancar proses sosialisasi dan edukasi informasi perpajakan kepada masyarakat. Di samping itu, insan media secara perorangan merupakan Wajib Pajak yang memiliki hak dan kewajiban di bidang perpajakan. Dua hal tersebut kemudian menjadi dasar diselenggarakannya Media Gathering di KPP Pratama Tuban dengan tema “Kewajiban Perpajakan Insan Media”.

Acara yang diselenggarakan pada hari Kamis (14/09) di Aula KPP Pratama Tuban ini mengundang sebanyak 33 insan media baik cetak, online, maupun elektronik (televisi dan radio). Acara dibuka oleh Eko Radnadi Susetio selaku Kepala KPP Pratama Tuban. Media gathering diharapkan dapat membangun hubungan kemitraan yang harmonis dengan insan media, sehingga informasi perpajakan yang beredar di masyakarat dapat semakin up to date, benar, dan akurat.

“Dengan segala kerendahan hati, mari kita samakan persepsi. Sebagai warga negara kita memiliki peran yang sama dalam mengamankan penerimaan pajak negara kita. Sadari peran tersebut, pahami kewajiban perpajakan kita sebagai warga negara”, tutur Eko mengakhiri sambutannya.

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi kewajiban perpajakan oleh Account Representative KPP Pratama Tuban, Firdaus Hanafi. Narasumber memaparkan kewajiban dasar warga negara yang memiliki NPWP, cara menghitung penghasilan dan pajak insan media, serta cara pelaporannya. Penyampaian materi tersebut diharapkan dapat membantu insan media dalam memahami peran aktifnya dalam mendukung tercapainya penerimaan negara. Pada sesi terakhir, Binanto Suryono, Kasi Ekstensifikasi dan Penyuluhan mengajak insan media untuk dapat menyajikan informasi perpajakan yang benar dan akurat, sehingga tidak menimbulkan salah persepsi bagi masyarakat.

KPP Pratama Tuban sangat terbuka bagi insan media yang ingin berkonsultasi atau mengonfirmasi informasi perpajakan yang akan diberitakan. Saluran yang disediakan adalah melalui telepon, Whatsapp, maupun berkunjung langsung ke KPP Pratama Tuban. Media gathering ditutup dengan acara ramah tamah, pengenalan media sosial KPP Pratama Tuban, dan pengumuman pemenang lomba penulisan artikel pendek mengenai manfaat pajak. Peserta yang hadir berlomba-lomba menulis artikel terbaiknya dalam waktu yang singkat untuk memperebutkan hadiah yang disediakan panitia.