KPP Pratama Tigaraksa Resmikan Gedung Baru

Rentang waktu antara 28 Agustus 2007 sampai dengan 3 Juli 2015, bukanlah rentang waktu yang pendek.

Hampir delapan tahun berlalu sejak Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tigaraksa menempati gedung lama, yang sebenarnya kurang layak. Namun saat ini, KPP Pratama Tigaraksa memiliki sebuah gedung baru dengan kondisi yang jauh lebih bagus. 

Rangkaian pemindahan kantor yang dilaksanakan bertepatan dengan bulan Ramadhan 1436 H ini menghadirkan nuansa keriangan tersendiri. Ditengah-tengah haus dahaga puasa dan terik kemarau kali ini, perlahan namun pasti proses pemindahan kantor pun akhirnya berjalan dengan lancar. 

Pada Senin, 6 Juli 2015, KPP Pratama Tigaraksa telah menempati kantor baru di Jalan Scientia Boulevard Blok U No. 5 Summarecon Gading Serpong, Kabupaten Tangerang. Lokasi gedung berada di tempat pusat bisnis dan pendidikan yang sedang berkembang pesat di Kabupaten Tangerang.

Proses pemindahan secara bertahap ini terjadwal dengan sangat baik, sehingga kendati ditengah kesibukan memberikan pelayanan kepada wajib pajak baik layanan menerima laporan masa maupun tahunan dan tahapan awal implementasi program faktur pajak elektronik (e-Faktur), pelayanan perpajakan kepada wajib pajak tetap tidak terputus. Hal ini tidak terlepas dari dukungan sistem informasi sebagai penyangga utama pelayanan kepada wajib pajak.

Proses pemindahan inventaris, alat-alat teknologi informasi yang dilakukan pada hari Sabtu dan Minggu secara tepat dilaksanakan oleh penyedia jasa pemindahan kantor profesional, dan tentunya tetap diawasi oleh pihak internal.

Memanfaatkan bulan baik dan penuh berkah, kegiatan pertama setelah menempati kantor baru diawali dengan pemberian santunan kepada anak yatim di sebuah yayasan di Kelurahan Kelapa Dua yang dilaksanakan pada hari Rabu, 8 Juli 2015. Sebanyak kurang lebih 30 anak yatim telah diberikan santunan berupa perlengkapan sekolah.

Pada Kamis, 9 Juli 2015 pukul 10.00 WIB dilaksanakan acara serah terima jabatan dari Kepala Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan lama kepada Kepala Seksi yang baru, dan serah terima jabatan dari Kepala KPP kepada Kepala Seksi Waskon IV baru.

Acara dilanjutkan dengan pisah sambut untuk melepas Kepala Seksi yang dimutasikan ke kantor lain, menyambut Kepala Seksi baru, serta menyambut 19 AR baru yang mutasikan ke KPP Pratama Tigaraksa. Acara berlangsung sederhana namun tetap meriah diselingi dengan hiburan dari anak-anak OJT yang sedang magang di kantor.

Acara peresmian pemakaian gedung baru dilaksanakan pada hari Kamis, 9 Juli 2015 pukul 15.00 wib yang dibuka secara resmi oleh Kepala Kanwil DJP Banten, dihadiri oleh kepala KPP dan pejabat eselon III di lingkungan Kanwil DJP Banten.

Peresmian gedung baru KPP Pratama Tigaraksa dilakukan dengan ceremonial pengguntingan pita yang dilakukan oleh Kepala Kanwil DJP Banten. Dalam sambutannya, kepala KPP Pratama Tigaraksa, Bapak Ihsan Priyawibawa memberikan harapan dengan fasilitas kantor yang baru ini akan dapat memberikan sumbangsih lebih terhadap pengamanan penerimaan pajak di KPP, Kanwil, dan nasional.

Kepala Kanwil DJP Banten, Catur Rini Widosari pun ikut mengingatkan agar peningkatan fasilitas yang jauh lebih baik dari gedung sebelumnya dapat meningkatkan kinerja pegawai secara keseluruhan yang pada akhirnya adalah tercapainya target penerimaan pajak KPP.

Acara dilanjutkan dengan buka bersama (bukber) yang merupakan acara puncak dari rangkaian kegiatan pindahan kantor KPP Pratama Tigaraksa. Acara ini merupakan acara buka bersama yang pertama kali di kantor yang baru, bertempat di aula lantai 6 KPP Pratama Tigaraksa.

Acara diisi dengan tausiyah dan motivasi oleh Abdul Jabir Uksim, ST.MM. yang pernah menjabat sebagai trainer di ESQ-LC. Dengan tema “Kiat Menjaga Optimisme dan Semangat Tidak Mudah Menyerah”, para pegawai kembali diingatkan bahwa kita harus kembali fokus kepada kemampuan dan potensi diri, jangan terpaku pada target.

Jika kita hanya terpaku pada target, maka apa yang kita usahakan hanya terbatas pada target saja. Namun jika kita fokus pada kemampuan dan potensi diri, berapapun target yang ditentukan, kita akan berusaha dan berjuang hingga titik penghabisan dengan memaksimalkan potensi dalam diri kita, sehingga target dapat terlampaui.

Menjadi baik (good) tidaklah cukup, karena jika kita kembali kepada fitrah kita sebagai manusia yang merupakan wakil Allah di muka bumi, kita dapat menjadi orang yang hebat (great) dengan mengaplikasikan nama-nama Allah dalam kehidupan.

Target penerimaan KPP Pratama Tigaraksa sebesar Rp. 5,7 Triliun merupakan amanah yang harus diperjuangkan bersama. Dengan penuh optimis dan kembali fokus pada kemampuan dan potensi diri serta berkomitmen berjuang hingga titik penghabisan, KPP Pratama Tigaraksa yakin akan dapat mencapai target tersebut.

Tentunya diiringi dengan doa yang tak pernah putus, dan pada akhirnya apapun kehendak Allah nanti, itulah yang terbaik. Kantor baru, suasana baru, semangat baru!