KPP Pratama Barabai Gelar Sosialisasi Pajak Bendahara Desa

Dalam rangka meningkatkan kepatuhan pemenuhan kewajiban perpajakan Bendahara Desa, KPP Pratama Barabai bersinergi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, mengadakan Sosialisasi Pajak Bendahara Desa “Sadar Pajak Untuk Bangun Negeri”. Bertempat di Aula Utama Kantor Bupati Hulu Sungai Tengah, acara ini diselenggarakan pada hari Rabu, 6 September 2017 dengan jumlah peserta 352 orang.

Acara dibuka oleh Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah, Chairansyah, dengan pesan utama agar Bendahara Desa turut aktif berkontribusi menyumbang pajak dengan cara tertib administrasi pajak. Kepala KPP Pratama Barabai, Mohamad Teguh Prasetyo, menyampaikan sambutan bahwa Direktorat Jenderal Pajak diberikan amanah untuk mengumpulkan pajak sebagai penopang utama penerimaan APBN (75%). Pajak yang dikumpulkan oleh Direktorat Jenderal Pajak pada akhirnya juga akan kembali kepada daerah dalam bentuk Dana Perimbangan yang terdiri dari Dana Bagi Hasil, Dana Alokasi Umum, dan Dana Alokasi Khusus. Lalu, dijelaskan pula bahwa Bendahara Desa memiliki kedudukan strategis dalam pengumpulan pajak sebagai pemotong pajak atas pengelolaan keuangan daerah berupa Dana Desa. Oleh karena itu, Kepala KPP meminta dukungan Pemda beserta Bendahara Desa untuk mengamankan penerimaan negara dengan senantiasa menjalankan kewajiban perpajakan dengan baik. Sebagai bentuk apresiasi kepada Bendahara Desa yang telah aktif berkontribusi menjalankan kewajiban perpajakan, KPP Pratama Barabai memberikan penghargaan kepada 3 Bendahara Desa terbaik, yakni Desa Mangunang Seberang, Pantai Batung, dan Pemangkih.

Acara kemudian dilanjutkan dengan Sosialisasi Pajak Bendahara Desa yang disampaikan oleh petugas pajak. Pemateri menjelaskan berbagai jenis kewajiban perpajakan yang harus dihitung, dipotong, disetor, dan dilaporkan oleh Bendahara Desa. Adanya contoh kasus dan perhitungan memberikan kemudahan pemahaman pajak bagi Bendahara Desa. Selain itu, juga disediakan meja konsultasi perpajakan di lokasi acara bagi bendahara desa yang ingin melakukan konsultasi secara langsung. Selain dihadiri oleh Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah, kegiatan ini juga dihadiri oleh Sekda, Kepala BPMPD, Camat, dan Kepala Desa di lingkungan Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Dukungan penuh ini terbangun dari kesepahaman bersama untuk mengamankan penerimaan Negara. Semoga sinergi apik yang telah terjalin antara KPP Pratama Barabai dan Pemda Kabuaten Hulu Sungai Tengah,Kalimantan Selatan ini dapat terus terjaga.