KP2KP Sumenep Tebar Info Pajak Lewat Udara

Bekerja sama dengan Radio Nada FM Madura, KP2KP Sumenep menyapa pendengar setia radio itu untuk berbagi info tentang perpajakan di Radio Nada FM Madura (Rabu, 15/11). Acara yang dikemas dalam bentuk talkshow ini berlangsung kurang lebih sekitar satu jam, mulai dari jam 11.00 sampai dengan 12.00 WIB.

Dengan dipandu penyiar, Merry, talkshow ini menghadirkan narasumber Hario Widodo Poncoseno selaku kepala KP2KP Sumenep, dan salah satu stafnya, Disty. Dibawakan dalam suasana santai tapi tetap asyik, dibahas banyak hal tentang pajak. Mulai dari manfaat pajak sampai jenis-jenis pajak itu sendiri.

“Pajak merupakan suatu wujud kemandirian bangsa. Dengan pajak, negara ini bisa menentukan arah pembangunannya. Hampir 80% sumber pendapatan kita bersumber dari pajak,” ungkap Hario mengawali perbincangan.

“Kalau kita menyebut angka, dalam APBN tahun 2017 sudah jelas. Dari pendapatan negara sekitar 1.750,3 Triliun, kontribusi penerimaan perpajakan adalah sebesar 1.498,9 Triliun,” imbuhnya.

Penggunaan anggaran sebesar itu adalah untuk pembangunan. Mulai dari bidang kesehatan, pendidikan, infrastruktur, subsidi, dan masih banyak lainnya, termasuk adanya dana desa.

Sedangkan untuk jenis-jenis pajak, dijelaskan oleh Disty bahwa berdasarkan kewenangan pemungutannya, pajak dibagi menjadi dua. Pajak daerah dan pajak pusat. Yang termasuk pajak daerah antara lain pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, pajak reklame, pajak penerangan jalan, pajak kendaraan bermotor, bea balik nama, dan pajak bumi bangunan sektor pedesaan dan perkotaan. Untuk pajak yang termasuk pajak pusat adalah PPN, PPh, Bea Meterai, dan PBB untuk sektor selain pedesaan dan perkotaan.

Dengan memahami jenis-jenis pajak ini diharapkan para wajib pajak tidak akan salah lagi ketika akan mengurus hak dan kewajiban perpajakannya. Paling tidak dalam hal mendatangi kantor pajak mana yang seharusnya. Pajak yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Pajak adalah pajak pusat, sedangkan pajak daerah dikelola oleh pemerintah daerah.

Talkshow ini direncanakan akan dilaksanakan secara rutin setiap hari Senin selama 1 jam mulai pukul 11.00 WIB. Dengan harapan, semakin banyaknya sarana yang digunakan untuk menebar info pajak, akan semakin banyak wajib pajak yang taat menjalankan kewajiban perpajakannya. KP2KP Sumenep berujar bahwa sudah saatnya kita untuk menjadi pahlawan masa kini bagi bangsa ini, yaitu dengan membayar pajak secara tepat jumlah dan tepat waktu.