KP2KP Baradatu Kunjungi Pedagang Pasar Baradatu dan Pisang Baru

KP2KP Baradatu Kunjungi Pedagang Pasar Baradatu dan Pisang Baru

Dalam rangka memberikan edukasi perpajakan kepada Wajib Pajak Orang Pribadi yang melakukan kegiatan usaha, pada tanggal 5, 6, dan 26 September 2017, Tim Penyuluhan KP2KP Baradatu yang dipimpin langsung oleh Kepala KP2KP Baradatu, M. Marthadiansyah, melakukan kunjungan langsung ke Pasar Baradatu dan Pasar Pisang Baru.

Target kegiatan edukasi kali ini adalah untuk memberikan informasi ke para pedagang pasar terkait kewajiban mendaftarkan diri untuk memperoleh NPWP dan kewajiban menyetorkan PPh sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 46 Tahun 2013. Seperti diketahui, berdasarkan PP Nomor 46 Tahun 2013, Wajib Pajak yang memiliki peredaran bruto tertentu dari kegiatan usaha dengan nilai tidak lebih dari Rp 4,8 milyar dalam satu tahun pajak (dilihat dari peredaran bruto tahun pajak sebelumnya), dikenakan PPh Final sebesar 1% (satu persen) dari nilai peredaran bruto satu bulan.

M. Marthadiansyah mengatakan bahwa dipilihnya kedua pasar tersebut sebagai target kegiatan edukasi perpajakan karena keduanya merupakan pusat kegiatan ekonomi di Kabupaten Way Kanan, terutama Pasar Baradatu. Kegiatan edukasi perpajakan ini dilakukan dengan metode door to door, yaitu dengan cara mendatangi satu per satu para pedagang yang berlokasi di Pasar Baradatu dan Pasar Pisang Baru. Tim Penyuluhan menjelaskan secara langsung kepada pedagang yang dikunjungi tentang prosedur pendaftaran wajib pajak dan prosedur pengenaan dan penyetoran PPh PP Nomor 46 Tahun 2013. Mengingat kesibukan dari para pedagang yang harus membuka toko dari pagi hingga sore hari, kegiatan edukasi perpajakan dengan metode ini dipandang lebih efektif, dimana para pedagang tidak perlu menyisihkan waktu khusus untuk datang ke suatu tempat kegiatan edukasi perpajakan.

Dalam kegiatan ini, terdapat 74 pedagang yang dikunjungi Tim Penyuluhan untuk diberikan edukasi perpajakan. Bersamaan dengan kegiatan edukasi ini, Tim Penyuluhan KP2KP Baradatu juga melakukan kegiatan penyisiran dan pendataan Pedagang di Pasar Baradatu untuk mengidentifikasikan pedagang yang seharusnya telah memiliki NPWP namun belum memiliki NPWP. Sedangkan untuk pedagang yang telah memiliki NPWP, akan dilakukan pengecekan lebih lanjut terkait kepatuhan penyetoran PPh PP Nomor 46 Tahun 2013. Untuk Wajib Pajak yang belum patuh, Tim Penyuluhan akan langsung mengingatkan pedagang yang bersangkutan untuk memenuhi kewajiban untuk mendaftarkan diri sebagai Wajib Pajak (untuk memperoleh NPWP) dan/atau menyetorkan PPh PP Nomor 46 Tahun 2013. Diharapkan setelah kegiatan edukasi perpajakan ini, tingkat kepatuhan Wajib Pajak, terutama para pedagang Pasar Baradatu dan Pasar Pisang Baru, akan dapat meningkat.(*)