Senin, 3 Desember 2012 - 14:06

Pemerintah Kota Tangerang Selatan bekerjasama dengan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Serpong, Direktorat Jenderal Pajak, terus berupaya menggali potensi pajak yang selama ini masih belum tergali secara maksimal. Salah satunya melalui kegiatan sosialisasi bagi para Bendaharawan. Sosialisasi itu dilaksanakan dengan peserta bendaharawan instansi vertikal di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang Selatan. Kerjasama ini bertujuan untuk merangsang partisipasi aktif para bendaharawan dalam mengamankan penerimaan negara dari sektor pajak. Untuk itu para bendaharawan perlu terus menerus mendapatkan pengetahuan dan penyegaran tentang peraturan perpajakan yang baru.

Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk lebih memahami tata cara perhitungan, pemotongan atau pemungutan dan pelaporan pajak dengan benar serta untuk lebih meningkatkan kepatuhan kewajiban perpajakan bendahara di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang Selatan. Sebagai unit teknis penerimaan, bendaharawan pemerintah memiliki kontribusi yang sangat penting, demi tercapainya penerimaan di sektor perpajakan. Oleh sebab itu, sumber dana yang berasal dari APBN/APBD yang dikucurkan melalui program-program pembangunan merupakan faktor penggerak ekonomi yang sangat besar di Kota Tangerang Selatan ini.

Berdasarkan hal tersebut diatas, KPP Pratama Serpong bekerjasama dengan Dinas Pelayanan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Koya Tangerang Selatan merealisasikan kegiatan sosialisasi perpajakan bagi para bendaharawan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di lingkungan Pemkot Tangerang Selatan di Meeting Room salah satu hotel di kawasan Puncak, Bogor pada tanggal 22-23 Oktober 2012.

Sosialisasi dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kepatuhan dibidang perpajakan ini di buka oleh Kepala Bidang Perbendaharaan DPPKAD, Bapak Yuyus Jamalus, A.Ks dan didampingi Kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi II KPP Pratama Serpong, Bapak Aswin mewakili Kepala KPP Pratama Serpong. Kegiatan bertema "Sosialisasi Perpajakan Kota Tangerang Selatan” ini diikuti oleh 46 bendaharawan dari 46 SKPD se-Kota Tangerang Selatan. Sosialisasi ini merupakan kelanjutan dari sosialisasi-sosialisasi sebelumnya yang telah diadakan dan diprogramkan oleh KPP Serpong secara berkesinambungan.

Sosialisasi yang berlangsung selama dua hari ini disambut antusias oleh para bendaharawan. Hari pertama sosialisasi berupa penyampaian Materi perpajakan antara lain PPh Pasal.21, PPh pasal 22, PPh pasal 23, PPh pasal 4 ayat 2, PPN, dan Bea Materai. Materi tersebut selain berupa tatacara penghitungan secara teknis, termasuk didalamnya juga adalah tatacara penyetoran pajak dengan menggunakan SSP, pembuatan bukti potong, dan tatacara pelaporan SPT masa. Materi sosialisasi ini disampaikan langsung oleh AR (Account Representatif) KPP Pratama Serpong yaitu R Ferdiandra Defry. Disamping materi sosialisasi pemateri juga memberikan kesempatan untuk tanya jawab bagi seluruh bendaharawan yang mengikuti sosialisasi.

Hari Kedua sosialisasi lebih difokuskan kepada pemberian dan pemecahan kasus perpajakan buat para bendaharawan. Bagi para bendaharawan yang berhasil memecahkan sejumlah kasus dengan benar diberikan cinderamata oleh KPP Pratama Serpong.

Pada akhir pertemuan Kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi II KPP Pratama Serpong mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang baik antara KPP Pratama Serpong dan DPPKAD Tangerang Selatan serta partisipasi aktif para bendaharawan dalam mengikuti sosialisasi sehingga kegiatan ini bisa berjalan baik dan lancar sehingga pengamanan penerimaan Negara dapat tercapai secara maksimal karena bendaharawan memiliki peranan yang sangat besar dalam memberikan sumbangsihnya bagi penerimaan dalam negeri pada sektor perpajakan.