Kanwil DJP Sumatera Barat dan Jambi Gelar Sosialisasi Pajak bagi GPEI

Padang, 30 September 2015, Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sumatera Barat dan Jambi kembali menggelar sosialisasi bagi Wajib Pajak. Pada kesempatan kali ini, Kanwil DJP Sumbar dan Jambi mengundang Wajib Pajak yang tergabung didalam Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) yang berada di Kota Padang dan sekitarnya.

Acara dibuka dengan sambutan Kepala Kanwil DJP Sumbar dan Jambi, M. Ismiransyah M. Zain, yang menekankan kepada Wajib Pajak agar memanfaatkan kebijakan Tahun Pembinaan Wajib Pajak di tahun 2015, karena DJP mencanangkan Tahun 2016 sebagai Tahun Penegakkan Hukum.

Kepala Kanwil DJP Sumbar dan Jambi juga menghimbau Wajib Pajak agar menjalankan kewajiban perpajakan dengan baik dan benar mengingat DJP tidak akan segan-segan melakukan penegakkan hukum terhadap Wajib Pajak yang “nakal”.

Ini terbukti pada hari Selasa, 29 September 2015 Kanwil DJP Sumatera Barat dan Jambi telah melakukan penyerahan barang bukti dan berkas perkara penyidikan Wajib Pajak yang berinisial “YH” kepada penuntut umum Kejaksaan Negeri Bukittinggi.

Sebelum masuk dalam materi inti sosialisasi, Kepala KPP Pratama Padang, Prima Libyanto, memberikan pengantar mengenai Tahun Pembinaan Wajib Pajak. Bagi Wajib Pajak yang belum menyampaikan SPT tahun pajak 2014 dan sebelumnya, dihimbau untuk segera menyampaikannya di tahun 2015, serta segera lakukan pembetulan SPT di tahun 2015 jika masih ada transaksi yang belum dilaporkan.

Materi sosialisasi tentang hak dan kewajiban pengusaha eksportir dan e-biling (MPN G2) disampaikan oleh Kepala Seksi Bimbingan Pelayanan dan Konsultasi, Iryan Saputra. Pemateri mengingatkan kembali kewajiban pengusaha eksportir sebagai pemungut PPh Pasal 22 dan menghimbau Wajib Pajak untuk menggunakan e-Billing.

Sedangkan, materi tentang PMK-91/PMK.03/2015 disampaikan oleh Account Representative Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Padang, Harri Hardy. Antusiasme yang begitu besar terlihat dengan banyaknya pertanyaan, terkait dengan kewajiban pengusaha eksportir, e-Billing, dan Tahun Pembinaan Wajib Pajak.

Apabila masih banyak yang dipertanyakan dalam menjalankan kewajiban perpajakan Wajib Pajak diminta jangan ragu-ragu untuk menanyakan hal tersebut kepada KPP Pratama Padang melalui para petugas Account Representative, melalui telepon kantor ataupun Kring Pajak 1-500200 serta media sosial KPP Pratama Padang dan Kanwil DJP Sumatera Barat dan Jambi.