Kanwil DJP Kaltimtara dan Kanwil DJBC Kalbagtim Bedah WP

Kanwil DJP Kaltimtara dan Kanwil DJBC Kalbagtim Bedah WP

Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kalimantan Timur dan Utara (Kaltimtara) dan Kanwil Direktorat Bea dan Cukai (DJBC) Kalimantan Bagian Timur (Kalbagtim) melangsungkan kegiatan Joint Analysis di Ruang Pertemuan Kanwil DJP Kaltimtara, Selasa (19/9) lalu.

Kegiatan Joint Analysis ini merupakan tindak lanjut dari perjanjian kerjasama antara Kanwil DJP Kaltimtara dengan Kanwil DJBC Kalbagtim. Pada pertemuan kali ini Kanwill DJP Kaltimtara dan Kanwil DJBC Kalbagtim melakukan pembahasan mengenai pertukaran data penggalian potensi perpajakan maupun potensi bea dan cukai.

Kepala Bidang Pemeriksaan,  Penagihan, Intelijen dan Penyidikan Kanwil DJP Kaltimra, Djumadi menjelaskan bahwa kegiatan lanjutan ini selain melakukan pembahasan tentang penggalian potensi untuk Wajib Pajak (WP) yang sudah ditentukan, juga untuk melakukan pembahasan tentang pembuatan SOP kegiatan Joint Analysis antara Kanwil DJP Kaltimtara dan Kanwil DJBC Kalbagtim.(*)

Hal ini sesuai dengan tujuan dibentuknya Tim Joint Analysis yaitu: penggalian potensi perpajakan maupun potensi penerimaan bea dan cukai guna menunjang penerimaan negara, tukar menukar informasi dan aksi bersama dalam rangka optimalisasi penerimaan negara, serta menguji kepatuhan Wajib Pajak (WP) termasuk penerima fasilitas tempat penimbunan berikat, perusahaan penerima fasilitas kemudahan impor tujuan ekspor, dan pelaku usaha ekonomi khusus.

Diharapkan dengan adanya kerjasama Joint Analysis ini maka penerimaan negara dari sektor pajak maupun bea dan cukai dapat meningkat secara signifikan, jelasnya.