Kanwil DJP Jakarta Selatan II Gelar Pajak Bertutur Di Universitas Nasional

Penyerahan Piagam Apresiasi Pajak Bertutur Kepada Universitas Nasional

Jumat, 11 Agustus 2017, Kanwil DJP Jakarta Selatan II bekerja sama dengan Universitas Nasional mengadakan kegiatan Pajak Bertutur yang dilaksanakan serentak di kurang lebih 2.000 (dua ribu) sekolah dan Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajarkan nilai-nilai kesadaran pajak kepada peserta didik jenjang SD, SMP, SMA, hingga Perguruan Tinggi. Kegiatan Pajak Bertutur untuk wilayah Jakarta Selatan II dilaksanakan di 31 SLTA dan puncaknya dilaksanakan dengan Teleconference Bersama Menteri Keuangan RI di Universitas Nasional. Jumlah peserta kegiatan Pajak Bertutur di wilayah Kanwil DJP Jakarta Selatan II sebanyak 3568 peserta dengan puncaknya di Universitas Nasional diikuti oleh 258 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa Universitas Nasional, Universitas Muhammadiyah Jakarta dan Universitas Pancasila Jakarta.

Kepala Kanwil DJP Jakarta Selatan II, Edi Slamet Irianto memberikan Kuliah Umum kepada para mahasiswa dengan tema Peranan Pajak Dalam Keberlangsungan Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Kepala Kantor Wilayah DJP Jakarta Selatan II menjelaskan mengenai pentingnya pajak dalam pendanaan berbagai program untuk kepentingan bersama, termasuk bagi pembiayaan pendidikan nasional, pelayanan kesehatan, pengentasan kemiskinan, pembangunan infrastruktur serta pertahanan negara. Dalam Amandemen Keempat UUD 1945, jelas termaktub bahwa pembayaran pajak merupakan kewajiban Warga Negara Indonesia selain Bela Negara. Kepala Kantor Wilayah mengajak para mahasiswa untuk menyebarluaskan kesadaran dan pemahaman tentang pentingnya pajak serta menjadi pembayar pajak yang penuh tanggung jawab setelah memasuki dunia kerja, sehingga di masa yang akan datang akan terwujud generasi yang sadar akan pajak.

Selain kuliah umum dari Kepala Kantor Wilayah DJP Jakarta Selatan II, kegiatan Pajak Bertutur di Universitas Nasional juga diisi dengan live streaming launching program Pajak Bertutur langsung dari Aula Chakti Budhi Bhakti Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Dan mahasiswa diberikan kesempatan berdialog interaktif dengan Menteri Keuangan RI. Setelah menyaksikan live streaming launching program Pajak Bertutur, kegiatan kemudian diiisi dengan games materi perpajakan kepada mahasiswa yang menjadi peserta dan ditutup dengan penyerahan piagam apresiasi Pajak Bertutur dari Kanwil DJP Jakarta Selatan II kepada Universitas Nasional.