Kanwil DJP Jakarta Barat Ajak Kontributor Ikuti IHT Jurnalistik

“Sampai dengan bulan ini, Kanwil DJP Jakarta Barat menjadi penulis konten terbanyak se Indonesia” ujar Kepala Seksi Humas Kanwil DJP Jakarta Barat, Tatang Suryana, pada pembukaan acara In House Training (IHT) Jurnalistik Situs DJP, Kamis (14/9). Acara yang diadakan di ruang rapat besar Kanwil DJP Jakarta Barat ini dihadiri oleh para penulis konten yang tersebar di seluruh KPP di lingkungan Kanwil DJP Jakarta Barat. Para penulis konten yang kerap disebut kontributor ini didampingi oleh satu orang Kepala Seksi. Acara ini diisi mengenai dua materi yaitu materi penulisan konten pada situs DJP dan juga materi dasar fotografi.

Hadir sebagai pemateri, Wiyoso Hadi, pelaksana Seksi Pengelolaan Situs Direktorat P2Humas, menyampaikan kiat-kiat menulis konten agar konten yang dibuat minim editing, menarik, dan segera dapat dimuat pada laman pajak.go.id. Mengingat masih banyak kontributor yang salah memilih jenis konten yang dibuat, lelaki yang akrab disapa Yos ini juga menjelaskan perbedaan jenis-jenis konten diantaranya berupa berita, artikel, flash foto, opini maupun feature. 

Yos mengaku jika setiap hari terdapat sekitar 70 konten yang masuk dari seluruh kontributor di Indonesia, sedangkan yang mampu diedit hanya sekitar 50 konten. Oleh karena itu Yos mengharapkan para peserta IHT yang juga sebagai kontributor ini memahami bagaimana cara menulis konten yang baik dan benar. Tidak hanya menyampaikan teori, Yos juga mengajak para kontributor untuk praktek menulis konten berupa berita dan opini dengan menggunakan kiat-kiat yang sudah disampaikannya. Diakhir sesi, Yos juga mengajarkan bagaimana cara menginput konten pada situs DJP.

Selain Yos, hadir pula Devi Sonya Adrince, Kepala Seksi Keberatan, Banding, dan Pengurangan II Kanwil DJP Jakarta Barat yang membawakan materi mengenai dasar fotografi. Para peserta IHT juga dibekali dengan teknik fotografi karena dalam penulisan konten terdapat foto sebagai bentuk penggambaran isi konten. Oleh karena itu, Devi berbagi kiat memotret yang baik dan juga menjelaskan fungsi-fungsi dari kamera yang digunakan agar menghasilkan gambar yang berkualitas. Dari awal hingga akhir acara, para peserta tampak mengikuti dengan antusias, terlihat pada saat praktek maupun saat sesi tanya jawab.