Guru SMA/SMK se-Tangerang Selatan Ikuti Workshop Perpajakan

KPP Pratama Pondok Aren bekerjasama dengan Kanwil DJP Banten dan PKN STAN menginisiasi kegiatan workshop Perpajakan bagi Guru SMA/SMK se-Wilayah Tangerang Selatan di gedung I Kampus PKN STAN, Tangerang (Selasa, 26/9).

Menurut Kepala Kanwil DJP Banten, Catur Rini, workshop merupakan sarana pembelajaran dan edukasi perpajakan yang lebih intensif kepada tenaga pendidik yang diharapkan dapat memiliki pemahaman yang baik terhadap kewajiban perpajakannya serta dapat menularkan kepada anak didiknya.

Program ini juga merupakan implementasi moto KPP Pratama Pondok Aren, yaitu 3 M: Mendidik, Membina, dan Melayani. Turut hadir dalam workshop ini, Kepala Jurusan Pajak PKN-STAN Fadlil Usman, Kepala KPP Pratama Pondok Aren Sunarko dan para dosen PKN-STAN. Workshop dilakukan dalam 2 hari yaitu tgl 25-26 September 2017, yang diikuti oleh 24 tenaga pendidik se-Wilayah Tangerang Selatan.

Materi yang disampaikana adalah tentang pengenalan pajak secara umum, pengenalan konsep pajak dan pungutan pemerintah lainnya, paparan mengenai manfaat pajak, penjelasan pentingnya kesadaran masyarakat dalam membayar pajak, penjelasan pentingnya memelihara fasilitas umu, mengenali sumber-sumber pendapatan Negara, penjelasan mekanisme pengumpulan penerimaan Negara (fungsi budgeter) dan pendistribusiannya untuk pembangunan, penjelasan fungsi pajak dalam fungsi regulerend dalam mengatur perilaku masyarakat dan perlindungan ekonomi nasional, pengenalan pajak pusat dan pajak daerah, serta materi dasar penghitungan PPN, bea materai dan PBB.

Total materi berbobot 14 SKS, dengan Narasumber dosen-dosen PKN-STAN. Dengan materi tersebut diharapkan para guru SMA/SMK tersebut telah cukup memiliki kemampuan dan keterampilan menghitung pajak sederhana, dan dapat turut memberikan pendidikan dan menumbuhkan kesadaran berbangsa dan bernegara dengan pajak kepada peserta didik mereka.(*)