FE Universitas Sriwijaya Dukung Inklusi Pajak dalam Pendidikan

Kakanwil DJP Sumsel Babel memberikan kuliah umum di Unsri

Aula FE Universitas Sriwijaya Kampus Indralaya tampak menguning siang itu pada hari Selasa 19 September 2017. Ratusan mahasiswa jurusan Akuntansi dan Manajemen memenuhi ruangan itu. Antusiasme begitu terasa seiring dengan pembukaan acara Kuliah Umum Perpajakan dengan Tema Inklusi Kesadaran Perpajakan dalam Pendidikan.

Acara dibuka oleh Wakil Rektor II Universitas Sriwijaya, Muchtaruddin, yang dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada tim dari Kanwil DJP Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung yang menjadi narasumber di kegiatan tersebut. Menurut Muchtaruddin, M. Ismiransyah M. Zain, selaku Kepala Kanwil DJP Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung, merupakan pejabat eselon II pertama yang berkenan meluangkan waktu untuk mengisi perkuliahan tersebut.

Penyampaian materi oleh M. Ismiransyah M. Zain, yang akrab disapa Rendi ini, diawali dengan apresiasi beliau kepada mahasiswa Unsri. "Adik-adik ini adalah orang-orang yang beruntung bisa menikmati perkuliahan di kampus terbaik di Sumatera Selatan," ujar Rendi yang kemudian disambut dengan tepuk tangan hadirin.

Banyak hal yang disampaikan sepanjang perkuliahan tersebut. Hal terpenting di antaranya adalah bagaimana pajak sepatutnya dikenali dan dipahami sejak dini oleh para mahasiswa. Mereka dalam beberapa tahun mendatang akan menjadi wajib pajak yang baik. Pemahaman itu mencakup makna dan arti penting pajak bagi pembangunan negara.

Dijelaskan pula oleh Rendi mengenai sejumlah isu terkini terkait kebijakan perpajakan, antara lain mengenai berlakunya Undang-undang Nomor 9 Tahun 2017 tentang keterbukaan akses perbankan untuk kepentingan perpajakan. "Kebijakan ini sangat penting bagi peningkatan kinerja Direktorat Jenderal Pajak dalam mengumpulkan penerimaan pajak," demikian Rendi tegaskan.

Kegiatan tersebut juga menjadi ajang tanya jawab bagi hadirin. Sejumlah pertanyaan diajukan peserta yang ditanggapi narasumber secara langsung. Acara makin meriah ketika setiap mahasiswa yang bertanya mendapat doorprize dari panitia.

Acara kemudian ditutup dengan penyampaian apresiasi oleh Tim Kanwil DJP Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung kepada Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya untuk telah menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan ini. Bukan tidak mungkin, acara serupa akan kembali digelar di masa mendatang untuk mencapai satu tujuan besar yaitu terciptanya generasi mendatang yang sadar pajak.(*)