Dinas Pendidikan Sulut Adakan Dialog Pajak Bendahara

Dialog interaktif membahas DAK

Dinas Pendidikan Propinsi Sulawesi Utara mengadakan dialog dengan seluruh Kepala Sekolah SMA/sederajat se wilayah Sulawesi Utara di Hotel Aryaduta, Manado (Kamis, 5/10). Topik yang dibahas terkait pemanfaatan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Tahun 2017 serta kewajiban perpajakan bendahara. Diikuti oleh sekitar 100 peserta, kegiatan tersebut mengundang berbagai narasumber, tak terkecuali dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

Materi yang disampaikan berupa pengenalan perpajakan secara umum dan kewajiban perpajakan terkait bendahara. Materi yang disampaikan oleh Kristiawan Budi Cahyono dan Bravi Brevli Assa dibawakan dengan santai namun penuh dengan penekanan-penekanan yang harus menjadi perhatian para peserta.

Dengan dialog interaktif, waktu yang tadinya diberikan selama dua jam terasa kurang sehingga molor hingga tiga jam lebih diselingi dengan antusiasme para peserta yang mengajukan banyak pertanyaan terkait dana DAK tersebut. Dari pertanyaan yang dilontarkan, dapat diketahui bahwa masih banyak peserta yang awam dalam hal kewajiban perpajakan bendahara. Padahal melalui merekalah amanat pengamanan penerimaan pajak terkait DAK digantungkan.

Dinas Pendidikan Propinsi Sulawesi Utara menilai bahwa kegiatan-kegiatan seperti ini harus terus ditingkatkan mengingat semakin besarnya dana transfer pusat ke daerah. Diharapkan daerah akan semakin mandiri dalam meningkatkan kesejahterannya. Amanat dari setiap Rupiah yang di dalamnya melekat kewajiban pajak, diharapkan dapat terus ditingkatkan sehingga tidak ada lagi kebocoran dalam penerimaan pajak karena "Pajak Kita untuk Kita". (kbc/*)