Kamis, 9 Agustus 2012 - 19:38

Bulan Ramadhan 1433 H, Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sumatera Utara II pada hari Rabu tanggal  8 Agustus 2012 menggelar acara buka puasa bersama, pemberian santunan kepada anak yatim dan dhu’afa yang ada di sekitar Kota Pematang Siantar serta pelepasan para pegawai fungsional yang mutasi. Kegiatan buka bersama diselenggarakan di Lobby dan Aula Kanwil DJP Sumatera Utara II mulai pukul 17.30 WIB s.d. selesai yang diikuti oleh seluruh pegawai Kanwil DJP Sumatera Utara II beserta keluarga serta pegawai yang diundang dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Pematang Siantar.      

Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an surat Al-Alaq ayat 1-19 yang dibawakan oleh Septyandri dan saritilawah oleh Catur Puji Hari Prasetyo. Kemudian dilanjutkan dengan ceramah agama yag disampaikan oleh Ustadz Fahrudin Sagala dengan tema “Nilai-Nilai Utama Yang Terkandung Dalam Ibadah Puasa Ramadhan”. Beliau menyampaikan bahwa di dalam ibadah puasa Ramadhan terdapat banyak nilai yang dapat dipetik untuk membuat hidup seseorang menjadi lebih baik. Salah satu nilai yang terdapat dalam ibadah puasa adalah “Kejujuran” dimana di dalam ibadah puasa seseorang dituntut untuk jujur baik kepada Allah SWT serta jujur kepada manusia, karena hanya orang tersebut dan Allah SWT yang mengetahui secara pasti apakah dia berpuasa atau tidak. Kejujuran yang terdapat di dalam ibadah puasa membentuk karakter seseorang untuk senantiasa berlaku jujur dalam setiap kegiatan, hal ini sangat selaras dengan Nilai-Nilai Kementerian Keuangan yang menjadi pedoman nilai bagi para pegawai di kementerian keuangan dalam melaksanakan tugasnya yang salah satunya adalah Integritas. Artinya pegawai kementerian keuangan dituntut untuk berpikir, berkata, berperilaku dan bertindak dengan baik dan benar serta memegang kode etik dan prinsip-prinsip moral.

Ketika waktu adzan maghrib tiba seluruh peserta segera berbuka puasa dengan menikmati hidangan pembuka yang telah disediakan oleh panitia, berupa kurma, es dawet ayu, buah-buahan, kue dan lain-lain. Selepas para peserta shalat maghrib berjamaah di Aula Kanwil DJP Sumatera Utara II serta santap malam hidangan utama, acara dilanjutkan sambutan dari ketua panitia, Eko Hadiyanto yang menyampaikan bahwa kegiatan buka puasa bersama dan pemberian santunan kepada anak yatim dan dhu’afa ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Bintal Kanwil DJP Sumatera Utara II. Kemudian dilanjutkan sambutan dari Harta Indra Tarigan selaku Kepala Kanwil (Kakanwil) DJP Sumatera Utara II yang mengungkapkan rasa bahagianya atas terselenggaranya acara ini dan memberikan apresiasi kepada para panitia yang sudah bekerja maksimal di tengah-tengah aktifitas pekerjaan yang padat. Acara dilanjutkan dengan pembagian santuan bagi anak yatim dan dhu’afa yang dipimpin oleh Harta Indra Tarigan selaku Kakanwil DJP Sumatera Utara II diikuti Ustadz Fahrudin Sagala dan oleh para pejabat eselon III Kanwil DJP Sumatera Utara II, serta Kepala KPP Pratama Pematang Siantar.

Sehubungan dengan adanya mutasi fungsional Pemeriksa Pajak dan penilai PBB yang baru keluar pada bulan Ramadhan ini, sebagai acara tambahan dari buka puasa bersama dilanjutkan dengan perpisahan atau pelepasan para pegawai fungsional yang mutasi yaitu Siswandi dan Panca Wardhana Suprianto yang mutasi ke Direktorat Intelijen dan Penyidikan, Syamsudin mutasi ke Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung, dan Mohammad Danial Fahmi mutasi ke KPP Pratama Tulungagung. Banyak kisah suka dan duka selama bertugas di Kanwil DJP Sumatera Utara II yang disampaikan oleh para pegawai yang mutasi dalam acara pelepasan tersebut. “Setelah sekian lama menunggu dan menjadi penonton dalam acara pelepasan pegawai akhirnya sekarang giliran saya yang pindah, alhamdulillah ini berkah bulan Ramadhan akhirnya bisa dekat dekat keluarga”, kata Siswandi. Kakanwil DJP Sumatera Utara II dalam pesannya menyampaikan agar para pegawai fungsional yang mutasi tersebut dapat mengaplikasikan pengalaman dan hal-hal yang baik lainnya yang diperoleh di Kanwil DJP Sumatera Utara II di tempat bertugas yang baru dan senantiasa memegang teguh kode etik. Sebagai penutup acara diadakan foto bersama para pegawai fungsional yang mutasi dan saling bersalaman dengan seluruh pegawai.