Minggu, 4 Nopember 2012 - 13:04

Pemerintah telah mengalokasikan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dengan tujuan untuk meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan dalam rangka wajib belajar 9 tahun yang bermutu. Dana BOS perlu dikelola dengan baik dan harus dilaksanakan dengan tertib dan bertanggung jawab. Untuk tugas pengelolaan tersebut Kepala Sekolah dibantu oleh Bendahara BOS.

Sebagaimana tugas Bendahara BOS diantaranya adalah melaksanakan administrasi perpajakan dalam kaitannya dengan tugas pokoknya menatausahakan dan mempertanggungjawabkan belanja dana yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Dalam pelaksanaan penatausahaan administrasi perpajakan, khususnya bagi kalangan Bendahara Sekolah dan Bendahara BOS masih merasa adanya kesulitan, terutama terkait teknis dan tata cara pemotongan, penghitungan, penyetoran dan pelaporan Pajak Penghasilan (PPh) pasal 21, PPh pasal 22, PPh pasal 23 dan Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Kondisi ini tentunya tidak terlepas dari kurangnya pemahaman terhadap peraturan perpajakan. Untuk mendorong kelancaran tugas Bendahara Sekolah dan bendahara BOS, maka Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Muaro Sijunjung telah melaksanakan sosialisasi sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman Wajib Pajak Bendahara Sekolah Bendahara BOS terhadap perpajakan.

Acara sosialisasi perpajakan telah dilaksanakan tanggal 11 Oktober 2012 dengan mengundang seluruh Bendahara Sekolah dan Bendahara BOS se-Kabupaten Sijunjung. Dalam pelaksanaannya KP2KP Muaro Sijunjung bekerja sama dengan KPP Pratama Solok dan Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sijunjung. Acara dihadiri oleh 271 Bendahara BOS dan Bendahara Sekolah. Penyampaian materi sosialisasi perpajakan dipaparkan langsung oleh Kepala KP2KP Muaro Sijunjung, Mudji Hartono S.T., M.T. yang baru 6 bulan menjabat sebagai kepala kantor. Menurut Mudji Hartono, acara sosialisasi perpajakan bagi Bendahara Sekolah dan Bendahara BOS di Kabupaten Sijunjung perlu segera dilaksanakan karena berdasarkan data yang ada bahwa saat ini bendahara yang melaksanakan kewajiban perpajakannya dengan baik ternyata masih kurang dari 10% dari seluruh jumlah bendahara. Para bendahara merasa bahwa kewajiban perpajakannya hanya terbatas menghitung dan membayar pajak saja. Sebagian besar belum melaksanakan kewajiban pelaporan pajaknya. Hal ini karena mereka belum memahami ketentuan dan peraturan perpajakan serta sistem perpajakan self assesment system. Selain itu para Bendahara BOS hanya berpegang pada Petunjuk Teknis Penggunaan Dana BOS dan Laporan Keuangan BOS Tahun Anggaran 2012 (Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 51 Tahun 2011) yang di dalamnya hanya disampaikan kewajiban untuk melakukan pemotongan dan pemungutan pajak, tetapi tidak menyebutkan adanya kewajiban pelaporan pajak ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) atau KP2KP.

Pada bagian sesi tanya jawab, acara dipandu oleh Syukri Gusti, Account Representative KPP Pratama Solok dan dibantu Eka Murtika Putri, petugas pelaksana TPT di KP2KP Muaro Sijunjung. Perserta kegiatan cukup antusias bertanya atas kewajiban perpajakan yang belum dimengerti. Sebagaimana tugas Bendahara Sekolah dan Bendahara BOS, mereka bertanya seputar aspek perpajakan menyangkut dua hal, yaitu pada saat pembayaran gaji / honor dan pada saat pembelian barang / jasa.

Dalam rangka memberi apresiasi, maka KP2KP Muaro Sijunjung telah memberikan bingkisan kepada Wajib Pajak Bendahara Sekolah dan Bendahara BOS yang telah melaksanakan kewajibannya dengan baik.

Secara umum para peserta merasa puas dengan diadakannya acara sosialisasi perpajakan dan mengharapkan agar dapat dilaksanakan setiap tahun karena untuk mendapatkan informasi terbaru terkait perubahan peraturan perpajakan dan adanya pergantian Bendahara Sekolah dan Bendahara BOS. Untuk selanjutnya agar lebih memantapkan pemahaman atas aspek perpajakan dan memberikan pelatihan dan bimbingan yang lebih efektif, KP2KP Muaro Sijunjung akan menyelenggarakan kegiatan Kelas Pajak bagi para Bendahara Sekolah dan Bendahara BOS.