Antusiasme Pegawai Kementerian Agraria dan Tata Ruang Lapor E-filing

Guna meningkatkan kepatuhan perpajakan, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Kebayoran Baru Empat bekerja sama dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional menggelar sosialisasi Pengisian SPT Tahunan menggunakan e-filing kepada pegawai Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional di Gedung Kementerian Agraria dan Tata Ruang, Selasa (7/03).

Hadir dalam acara tersebut, Kepala KPP Pratama Jakarta Kebayoran Baru Empat, Christijanto Wahju Purwoistijoko yang menyampaikan pentingnya melaporkan SPT Tahunan dengan benar, lengkap, dan jelas. Pada kesempatan itu, dijelaskan pula peran penting Wajib Pajak dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya karena akan menentukan kemandirian APBN. Bentuk kerja sama tersebut dilakukan dalam mendukung peningkatan kepatuhan pelaporan Wajib Pajak serta menjalankan kewajiban ASN sesuai dengan Surat Edaran Menpan RB Nomor 8 Tahun 2015 tentang Kewajiban Penyampaian SPT Tahunan bagi ASN/Anggota TNI dan Polri wajib melalui E-filing.

KPP Pratama Jakarta Kebayoran Baru Empat memberi kemudahan bagi pegawai Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional untuk bisa melaksanakan kewajibannya tanpa mengganggu aktifitas dan pekerjaan. Pelayanan yang diberikan mulai dari sosialisasi pengisian SPT Tahunan menggunakan E-filing, helpdesk, permohonan aktivasi EFIN dan panduan pengisian SPT Tahunan menggunakan E-filing secara serentak di Gedung Kementerian Agraria dan Tata Ruang.

Pada sosialisasi yang dihadiri lebih dari 100 orang ini, tim penyuluhan dari KPP Pratama Jakarta Kebayoran Baru Empat sekaligus menegaskan bahwa saat ini penyampaian SPT Tahunan bisa dilakukan dengan mudah, cepat dan aman menggunakan E-filing. Fasilitas pelaporan SPT Tahunan melalui E-filing dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja sehingga untuk Wajib Pajak yang memiliki kesibukan dan mobilitas tinggi dapat menggunakan E-filing untuk melaporkan SPT Tahunan tanpa perlu datang dan antri ke KPP terdekat.

Pejabat yang mewakili Kepala BPN yang turut hadir dalam acara tersebut juga menghimbau kepada staf dan jajarannya untuk melaksanakan kewajiban perpajakannya sebagai warga negara yang baik. Penjelasan yang disampaikan menekankan bahwa pajak merupakan instrumen penting dalam penerimaan negara dan akan digunakan kembali untuk kesejahteraan warga Indonesia. Selain itu, disampaikan juga imbauan bagi pejabat dan ASN di lingkungan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional untuk memanfaatkan Amnesti Pajak sebelum 31 Maret 2017 agar mendapatkan fasilitas pengampunan dari program tersebut.

Batas akhir penyampaian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi dan Amnesti Pajak adalah tanggal 31 Maret 2017. Selain membuka pelayanan di kantor, KPP Pratama Jakarta Kebayoran Baru Empat juga memberikan pelayanan di Mall Ratu Plaza, serta aktif membuka kelas pajak E-filing dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Hal tersebut sebagai upaya memberikan pelayanan prima kepada wajib pajak sekaligus mengimplementasikan nilai-nilai Kementerian Keuangan serta diharapkan mampu mendongkrak kepatuhan Wajib Pajak di wilayah kerja KPP Pratama Jakarta Kebayoran Baru Empat.,