Jumat, 22 Maret 2013 - 10:11
Sosialisasi Pengisian dan Penyampaian SPT Tahunan Tahun Pajak 2012 di RS Tebet

Tebet, Jakarta, Menjelang akhir Maret ini, masyarakat akan disibukkan dengan pengisian Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak. Mengantisipasi lonjakan, KPP Pratama Jakarta Tebet pun bekerjasama dengan tujuh kelurahan.

Bekerjasama dengan Kantor Kecamatan dan tujuh kantor Kelurahan di Tebet, Jakarta Selatan, KPP Pratama Jakarta Tebet akan menyelenggarakan kegiatan dropbox penerimaan SPT PPh Orang Pribadi, di Kantor Kecamatan Tebet dan seluruh Kantor Kelurahan di Wilayah Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, pada Sabtu 23 Maret 2013, mulai pukul 10.00-14.00 WIB.

"Untuk mengantisipasi lonjakan pelaporan SPT PPh tersebut, serta lebih memudahkan Wajib Pajak Orang Pribadi, setiap tahun Dirjen Pajak akan memerintahkan KPP untuk membuat semacam tempat pengisian dan penyampaian SPT yang biasa disebut dropbox pajak di tempat-tempat keramaian seperti di gedung perkantoran, pusat perbelanjaan (mal), pasar, atau dengan mobil keliling," tukas Kepala KPP Pratama Jakarta Tebet Ana Astuti Nugrahaningsih, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Kamis (21/3/2013).

Ditambahkan dia, secara serentak pihaknya akan membuka delapan dropbox pajak, satu di Kantor Kecamatan Tebet, dan tujuh di kantor kelurahan di wilayah Kecamatan Tebet, yaitu Kantor Kelurahan Tebet Barat, Tebet Timur, Kebon Baru, Menteng Dalam, Bukit Duri, Manggarai, dan Manggarai Selatan.

"Kami lakukan sebagai bentuk pelayanan dan kemudahan kepada wajib pajak di Kecamatan Tebet, Jakarta, untuk mengisi dan menyampaikan SPT PPh mereka," jelas Ana.

Ana menambahkan, pembukaan delapan buah dropbox pajak di kantor Kecamatan dan Kantor Kelurahan  di wilayah Tebet, Jakarta Selatan, hanya berlangsung satu hari saja. Selain itu, kegiatan dropbox pajak terbuka kepada semua Wajib Pajak Orang Pribadi tidak hanya wajib pajak yang terdaftar di KPP Pratama Jakarta Tebet.

"Kami imbau kepada semua wajib pajak orang pribadi, khususnya di wilayah Tebet, Jakarta Selatan, sebaiknya kesempatan ini jangan disia-siakan. Yang tidak sempat  pada hari kerja, Sabtu besok, silakan datang ke Kantor Camat Tebet atau tujuh kantor Kelurahan Tebet. Isi dan sampaikan SPT PPh Anda. Kami juga akan menyiapkan petugas pajak yang siap untuk membimbing Anda dalam pengisian SPT serta menerima laporan SPT," tambah Ana.
 
Adapun untuk memudahkan WP Orang Pribadi di wilayah Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, menyampaikan SPT PPh mereka, pembukaan dropbox pajak juga dilakukan di berbagai tempat keramaian seperti gedung perkantoran dan pusat perbelanjaan.

"Pekan lalu kami mengadakan Sosialisasi Pajak  sekaligus membuka dropbox untuk perawat dan dokter di lingkungan Rumah Sakit Tebet. Pekan ini kami membuka dropbox di gedung perkantoran Graha Pratama, Bidakara dan Mustika Ratu, Pancoran Jakarta Selatan. Rencananya, pekan depan mulai Senin (25/3) hingga Rabu (28/3) kami akan membuka Gerai Pojok Pajak (dropbox pajak) di Green Tebet, MT Haryono, dan Mall Kota Casablanca," beber Ana.

Lebih lanjut, dia mengingatkan, kegiatan pembukaan dropbox pajak juga untuk mengantisipasi batas waktu pelaporan pajak SPT PPh WP Orang Pribadi yang tahun ini hanya sampai dengan 28 Maret 2013, karena 29-31 Maret 2013 merupakan libur akhir pekan yang cukup panjang (long weekend)