46 Bendahara Desa Rokan Hulu Intens Belajar Pajak

Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi (KP2KP) Pasir Pangarayan menggelar sosialisasi perpajakan di Aula Pijerpodi Kantor Camat Ujung Batu, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau (Selasa, 29/08). Hadir diantaranya Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Rokan Hulu yang diwakili oleh Sekretaris Edy Suherman, Camat Ujung Batu diwakili oleh Sekretaris Kecamatan Benyamin Faw, 46 bendahara desa dari 7 kecamatan di Rokan Hulu dan undangan lainnya dibuka oleh Sekretaris Dinas PMPD.

Kepala KP2KP Pasir Pangarayan, Larisman Gaja dalam arahannya menyebutkan, tujuan sosialisasi itu agar para  bendahara desa memiliki pengetahuan perpajakan mengenai tata cara pemotongan/pemungutan, penyetoran dan pelaporan pajak yang terhutang dalam mengelola Dana Desa. Oleh karenanya pada kali ini sebanyak 46 bendahara desa dari 7 Kecamatan dihadirkan sebagai pesertanya, yaitu dari Kecamatan Ujung Batu, Rokan IV Koto, Kunto Darussalam, Tandun, Kabun, Pagaran Tapah Darussalam, Pendalian IV Koto.

Acara sosialisasi juga dilaksanakan ditiga lokasi berbeda yaitu pada Kamis (31/8) di Aula Kantor Camat Rambah, Selasa (5/9) di Aula Kantor Camat Tambusai, Kamis (7/9) di Aula Kantor Camat Rambah Hilir, ungkap Kepala Kantor KP2KP.

Salah seorang peserta yakni Wirda, Bendahara Desa Pematang Tebih Kecamatan Ujung Batu, yang diminta tanggapannya seputar sosialisasi menyebutkan sangat mengapresiasi presentasi yang diberikan oleh KP2KP Pasir Pangarayan. Transaksi keuangan Alokasi Dana Desa (ADD) yang bersumber dari APBD dan APBN nilainya sangat besar sehingga memerlukan kehati-hatian dan kecermatan dalam pembukuannya khususnya menyangkut tentang pajak. Dengan sosialisasi ini kami bendahara desa sangat terbantu karna telah dibekali dengan pengetahuan, seperti tata cara pemungutan, penyetoran serta pelaporan Pajak Penghasilan (PPh), maupun Pajak
Pertambahan Nilai (PPN).