Menagih piutang pajak

Tugas menagih piutang pajak tentu bukanlah hal yang mudah. Apalagi dalam mendekati wajib pajak dengan berbagai karakter yang berbeda-beda. Ada yang kooperatif, ada juga yang susah.

Meski begitu, tugas negara dalam penagihan piutang pajak harus tetap dijalankan sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

"Tugas pokok Subdirektorat (Subdit) Penagihan adalah sebagai pengambil kebijakan untuk tindakan penagihan pajak tingkat nasional," kata Kasubdit Penagihan, Dodik Samsu Hidayat.

Di samping itu, pihaknya juga melakukan perencanaan maupun evaluasi terhadap target dari pencairan tindakan penagihan dan membantu memproses permohonan pemblokiran rekening, permohonan pencekalan, serta usulan penyanderaan wajib pajak yang tidak kooperatif.

"Itu tugas pokok utama kita ya. Tapi yang jelas kita memberikan dasar kebijakan kepada teman-teman di lapangan. Kemudian mengawasi pelaksanaan tindakan penagihan di lapangan apakah sudah sesuai prosedur yang berlaku," ungkapnya.

Selain itu, Subdit Penagihan juga melakukan evaluasi terhadap target yang ditetapkan semula. Nantinya akan dilihat apakah ada permasalahan di lapangan yang perlu diperbaiki aturannya maupun kebijakan penagihannya.

Selama ini sudah banyak program yang dilakukan Subdit Penagihan. Beberapa di antaranya adalah membenahi administrasi piutang pajak terutama dalam menghadapi audit dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Nah ini alhamdulillah selama dua tahun berturut-turut khusus untuk piutang yang masuk ke aset neraca Ditjen Pajak dan Kementerian Keuangan sudah menyumbang untuk memberikan opini hasil audit pemeriksaan BPK masuk ke wajar tanpa pengecualian (WTP)," jelasnya.

Selain itu, dalam hal kebijakan di tahun 2011-2012, Subdit Penagihan akan meningkatkan tindakan penagihan yg dilakukan kepada wajib pajak. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan dalam memenuhi target yang sudah diamanatkan dalam APBN.

"Untuk itu kita lebih menitikberatkan pada pemblokiran aset wajib pajak yang ada di perbankan dan disamping itu melakukan tindakan pencekalan dan penyanderan," imbuhnya.

Kemudian untuk meningkatkan sumber daya manusia di bidang pelaksana dan petugas penagihan yaitu juru sita. Subdit Penagihan akan meningkatkan kemampuan para juru sita.

"Bisa melalui workshop untuk soft skills, peningkatan soft skills ini kemudian kita adakan forum komunikasi penagihan," ujarnya.

Forum ini seperti ajang sarana komunikasi antar juru sita di Indonesia. Dimana forum ini bisa saling berbagi pengetahuan dan pengalaman.

"Sehingga yang baru bisa belajar dari yang lama. Dan yang lama bisa memberikan pelajaran ke yang baru sehingga otomatis semua terpenuhi minimal pengetahuan yang sama," ungkapnya.