Kanwil Ditjen Pajak Jateng II Menangkan Praperadilan oleh WP RIS

Surakarta, (24/10) Pandu Budiono, S.H, M.H. Hakim Tunggal dalam perkara Praperadilan Nomor 04/Pid.Pra.Per/2017/PN.Skt membacakan putusannya dengan amar putusan Menolak Permohohonan Wajib Pajak R.I.S (pemohon) untuk seluruhnya dan menghukum pemohon untuk membayar seluruh biaya yang timbul dalam permohonannya di Pengadilan Negeri Surakarta, Jalan Brigjen Slamet Riyadi Nomor 290, Surakarta.

Dalam pertimbangannya, Hakim menyatakan memenangkan Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah II (Termohon) dalam praperadilan yang diajukan oleh Wajib Pajak RIS, dikarenakan dalam pokok perkara menyatakan bahwa Daluwarsa Tindak Pidana di bidang Perpajakan bukan merupakan objek praperadilan, sesuai dengan Ketentuan Pasal 1 Angka 10 Jo. Pasal 77 KUHAP Jo. Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 21/PUU-XII/2014 tanggal 28 April 2015 dan dalil yang menyatakan tidak ada kerugian Negara harus dibuktikan dalam materi/pokok perkara.

Dalam perkara praperadilan tersebut, Wajib Pajak mengajukan permohonan praperadilan atas tindakan Kanwil DJP Jawa Tengah II yang menetapkan Pemohon sebagai Tersangka berdasarkan dugaan tindak pidana pajak dengan nilai kerugian Negara Rp. 17 Milyar yang telah daluarsa penuntutannya, selain itu Pemohon menyatakan bahwa penetapan tersangka atas Pemohon tidak cukup bukti.
Informasi lebih lanjut:

Nur Handoyo
Kepala Bidang P2 Humas
Telepon (0271) 723552, 725350