Sosialisasi Aspek Perpajakan pada Sektor Usaha Kos-Kosan

Penerimaan pajak dari sektor usaha kos-kosan selama ini belum tergali dengan optimal. Sebagian besar pemilik kos belum memenuhi kewajiban perpajakannya sesuai dengan ketentuan. Oleh karena itu, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Manado bekerja sama dengan aparat Kelurahan Kleak Kota Manado menggelar sosialisasi untuk memberikan pemahaman perpajakan kepada para pemilik kos. Kelurahan ini dipilih karena merupakan sentra tempat kos bagi para mahasiswa Universitas Sam Ratulangi.

Acara dilakukan hari Senin (15/2) di Aula Kelurahan Kleak dengan mengundang sekitar 250 pemilik kos. Dalam sosialisasi tersebut, banyak pemilik kos yang belum tahu bahwa penghasilan dari persewaan rumah kos tersebut dikenakan Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 4 ayat (2) Final, bahkan banyak juga yang merasa keberatan jika usahanya dikenakan pajak apalagi dengan tarif sebesar 10%. Mereka menganggap membuka kos hanya sebagai sampingan, bukan usaha utama untuk mencari keuntungan.

Tim Penyuluh KPP Pratama Manado menjelaskan tentang Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 4 ayat (2) atas penghasilan dari persewaan tanah dan/atau bangunan yang bersifat final, PPN atas Kegiatan Membangun Sendiri serta simulasi tata cara pengisian dan pelaporan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi. Sosialisasi ini merupakan tahap awal dan akan terus dilanjutkan di kelurahan-kelurahan sentra kos lainnya sehingga diharapkan akan meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak sekaligus meningkatkan penerimaan pajak dari sektor usaha terkait. (Nat)

Salah Seorang Peserta Sosialisasi Mengajukan Pertanyaan

 

Salah Seorang Peserta Sosialisasi Mengajukan Pertanyaan
Dialog dengan Warga Peserta Sosialisasi Aspek Perpajakan pada Usaha Kos-kosan
Suasana Sosialisasi
Antusiasme Warga dalam Sosialisasi Aspek Perpajakan pada Usaha Kos-kosan
Penyerahan Plakat oleh Kepala Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan kepada Lurah Kleak