PBB-P2 Kini Dikelola Pemerintah Kota Bekasi

Launching pengalihan pengelolaan PBB-P2 kepada Pemerintah Kota Bekasi diselenggarakan pada Kamis, 03 Januari 2013 di Balai Patriot, Jalan Jenderal A. Yani nomor 1 Bekasi. “Pemungutan, pengelolaan, dan pengadministrasian PBB-P2 yang nantinya dilaksanakan sendiri oleh Pemerintah Kota Bekasi diharapkan mampu meningkatkan potensi penerimaan PBB-P2 sehingga dapat dijadikan sumber penerimaan yang potensial bagi Pendapatan Asli Daerah," ungkap Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Barat II, Angin Prayitno Aji.

Angin mengatakan, “Tantangan yang akan dihadapi oleh Pemkot Bekasi dalam hal pengelolaan PBB-P2 cukup besar. Realisasi penerimaan PBB-P2 Kota Bekasi pada saat masih dikelola oleh DJP terus meningkat setiap tahunnya. Pada tahun 2011, rencana penerimaan PBB-P2 Kota Bekasi sebesar Rp. 116.460.601.089 sedangkan realisasi penerimaannya sebesar Rp. 127.081.912.948 atau sebesar 109,12% dari target penerimaan dan untuk tahun 2012 rencananya sebesar Rp. 104.690.691.199 dan realisasinya sebesar Rp. 137.408.005.144 atau sebesar 131,25% dari target. Diharapkan setelah dikelola oleh Pemkot Bekasi, pengelolaan PBB-P2 akan semakin baik dan penerimaannya akan terus mengalami peningkatan.”

Setelah pengalihan PBB-P2 kerja sama antara Direktorat Jenderal Pajak dengan Pemerintah Kota Bekasi terus ditingkatkan, terutama dalam pengawasan PPh Final Pasal 4 ayat (2) atas Pengalihan Hak atas Tanah dan/atau Bangunan dan BPHTB. Untuk pengawasan tersebut perlu dibentuk suatu sistem aplikasi aplikasi secara online antara Pemda, BPN, Bank, Notaris, dan DJP (early warning system). Kerja sama dalam bentuk pertukaran data PBB-P2 diharapkan mampu meningkatkan potensi penerimaan Pajak Penghasilan Wajib Pajak Orang Pribadi dan Pajak Penghasilan Pasal 21. Bagaimanapun juga pada akhirnya PPh Wajib Pajak Orang Pribadi dan PPh Pasal 21 akan kembali lagi ke Pemerintah Daerah dalam bentuk Dana Bagi Hasil (DBH). Oleh karena itu kerja sama dan dukungan dari Pemerintah Daerah berupa pemberian data PBB-P2 kepada DJP mutlak diperlukan.

Pjs. Kabid KEP memberikan Kata Sambutan mewakili Kepala Kanwil DJP Jawa Barat II

 

Pjs. Kabid KEP memberikan Kata Sambutan mewakili Kepala Kanwil DJP Jawa Barat II
Kabid P2Humas Kanwil DJP Jawa Barat II & Kadispenda Kota Bekasi beserta Jajaran
Plt. Kadispenda Kota Bekasi memberikan Sambutan
Berita Acara oleh Kepala KPP Pratama Bekasi Selatan disaksikan oleh Kadispenda
Presentasi Kepala KPP Pratama Bekasi Utara mengenai pengalihan PBB