Mulai 1 Januari 2013, Pengelolaan PBB-P2 Dialihkan Ke Pemerintah Kabupaten Bekasi

“Berbagai kegiatan diseminasi dan fasilitasi telah dilakukan untuk memperlancar proses pengalihan PBB-P2 menjadi pajak daerah” ungkap Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Barat II, Angin Prayitno Aji saat acara Launching Pengalihan Pengelolaan PBB-P2 kepada Pemkab Bekasi “Sosialisasi tentang undang-undang pajak daerah telah dilakukan kepada sebagian aparatur Pemda dan pemangku kepentingan lainnya, demikian pula dengan bimbingan teknis dan pelatihan mengenai pengelolaan PBB-P2 sehingga nantinya pada saat diserahkan kepada Pemda dapat berjalan dengan lancar.“ 

Launching pengalihan tersebut diselenggarakan pada Kamis, 10 Januari 2013 di Gedung Wibawa Mukti, Komplek Perkantoran Pemkab Bekasi. Acara tersebut disamping dihadiri oleh Bupati Bekasi, juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Bekasi dan Jajarannya, Para Pejabat Eselon III di Lingkungan Kanwil DJP Jawa Barat II serta Para Tamu Undangan.

Lebih lanjut Angin mengatakan “Tantangan yang akan dihadapi oleh Pemkab Bekasi dalam hal pengelolaan PBB-P2 cukup besar. Pemungutan, pengelolaan, dan pengadministrasian PBB-P2 yang nantinya dilaksanakan sendiri oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi diharapkan mampu meningkatkan potensi penerimaan PBB-P2 sehingga dapat dijadikan sumber penerimaan yang potensial bagi Pendapatan Asli Daerah.”

Realisasi penerimaan PBB-P2 Kabupaten Bekasi pada saat masih dikelola oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP)  terus meningkat setiap tahunnya. Pada tahun 2011, rencana penerimaan PBB-P2 Kabupaten Bekasi sebesar Rp. 174.905.649.004 sedangkan realisasi penerimaannya sebesar Rp. 188.666.701.521 atau sebesar 107,87% dari target penerimaan dan untuk tahun 2012 rencananya sebesar Rp. 155.606.584.611 dan realisasinya sebesar Rp. 188.206.381.715 atau sebesar 120,95% dari target.

Kepala KPP Pratama Cikarang Utara menandatangani BA Pengalihan PBB-P2

 

Kepala KPP Pratama Cikarang Utara menandatangani BA Pengalihan PBB-P2
Seluruh tamu Launching menyanyikan lagu Indonesia Raya
Kakanwil beserta Bupati dan Jajarannya berfoto bersama
Sambutan Kepala Kanwil DJP Jawa Barat II
Penukaran Cinderamata