Mahasiswa Jakarta Barat Antusias Belajar PPh Pasal 21

Kanwil DJP Jakarta Barat kembali mengadakan kelas pajak bertema Tata Cara Pengisian PPh Pasal 21, Rabu (20/9). Kelas pajak yang dibuka untuk masyarakat umum ini dihadiri oleh 17 peserta yang didominasi oleh mahasiswa dari Universitas Trisakti. Kelas pajak ini rutin diadakan guna mengedukasi para Wajib Pajak (WP), khususnya WP baru dalam memenuhi kewajiban perpajakannya yang dilakukan secara self assessment dimana WP menghitung, memperhitungkan, membayar, dan melaporkan pajaknya sendiri.

Materi kelas pajak dibagi menjadi tiga bagian dan disampaikan langsung oleh pegawai bidang Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (P2 Humas) Kanwil DJP Jakarta Barat. Dita Ayu Septi Arini, pelaksana seksi Bimbingan Penyuluhan dan Pengelolaan Dokumen membawakan materi mengenai perhitungan PPh 21. Materi kedua mengenai aplikasi e-SPT PPh 21 disampaikan oleh Uki Yusranul Hakim, Kepala Seksi Bimbingan Penyuluhan dan Pengelolaan Dokumen. Sedangkan materi terakhir mengenai e-filing dan e-biling disampaikan oleh pelaksana seksi Bimbingan Penyuluhan dan Pengelolaan Dokumen, Eka Diana Rizanti.

Selain memberikan teori, pemateri juga memberikan contoh soal mengenai perhitungan PPh 21 dan juga membuka sesi tanya jawab untuk menambah pemahaman para peserta.(*)

Para peserta memperhatikan dengan seksama saat Dita Ayu dan Eka Diana menyampaikan materi perhitungan PPh 21, e-filing dan e-biling.

 

Para peserta memperhatikan dengan seksama saat Dita Ayu dan Eka Diana menyampaikan materi perhitungan PPh 21, e-filing dan e-biling.
Peserta yang mengerjakan contoh soal perhitungan PPh21 mendapatkan hadiah.
Uki Yusranul Hakim menjelaskan dengan gamblang materi mengenai aplikasi e-SPT PPh 21.
Sesi tanya jawab antara peserta dengan pemateri.
Diakhir acara, para peserta dan pemateri melakukan foto bersama.