Kakanwil DJP WP Besar Gelar Sharing Knowledge ComTax

Sebagai upaya untuk membagi ilmu pengetahuan sekaligus diskusi dengan para pegawai di lingkungan Kanwil dan KPP Wajib Pajak Besar, Kepala Kanwil DJP Wajib Pajak Besar menggelar sharing knowledge di aula lantai 2, Gedung Dr.K.R.T Radjiman Wedyodiningrat, Jakarta, (Senin, 25/9).

Materi yang disampaikan kepada pegawai diperoleh Kepala Kanwil DJP Wajib Pajak Besar, Mekar Satria Utama saat menjadi peserta kursus singkat "Comparative Tax Policy and Administration (ComTax) di Harvard, Kennedy School, Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat pada tanggal 21 Agustus sampai 1 September 2017 yang lalu. Keikutsertaan Toto, panggilan akrab Mekar Satria Utama di kursus singkat tersebut atas penunjukkan oleh Direktur Jenderal Pajak, Ken Dwijugesteadi setelah Kementerian Keuangan dan Direktorat Jenderal Pajak mendapatkan tawaran untuk mengikuti ComTax.

Selain pegawai Kanwil dan KPP Wajib Pajak Besar, para peserta sharing knowledge juga berasal dari unit eselon I lain di Kementerian Keuangan, seperti Bea Cukai, Perimbangan Keuangan, BPPK, Setjen dan lainnya. Materi yang disampaikan meliputi program ComTax itu sendiri, mulai dari persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Selain itu, Toto juga memilih satu materi khusus yang relevan dengan tujuan peningkatan penerimaan Pajak dan program Reformasi Perpajakan di Kementerian Keuangan, yaitu Pajak atas Kekayaan. Materi yang diajarkan oleh Eric Zolt dari University of California Los Angeles (UCLA) saat Toto mengikuti kursus singkat di Harvard berisi mengenai kemungkinan penerapan pajak atas kekayaan untuk menambah penerimaan, khususnya di negara-negara yang membutuhkan terobosan untuk meningkatkan penerimaan pajak.

Toto juga menyampaikan bahwa teori ini sesuai untuk dapat dikaji lebih lanjut penerapannya di Indonesia, terutama karena program Amnesti Pajak yang berakhir tanggal 31 Maret 2017 dan data menunjukkan bahwa ternyata banyak Wajib Pajak yang memiliki kekayaan di luar negeri. Selain materi, Toto juga memberikan studi kasus penerapan Pajak Kekayaan di Belanda melalui metode presumtive tax dan kemungkinan implementasinya di Indonesia. Banyak peserta tertarik dengan materi yang disampaikan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan dalam sesi tanya jawab yang dibagi dalam tiga sesi. Acara yang dimulai jam 08.00 WIB berakhir tepat pukul 12.00 WIB. Semoga kegiatan sharing knowledge seperti ini, khususnya yang disampaikan oleh para pejabat senior di lingkungan Kementerian Keuangan dapat secara rutin dilakukan untuk menambah ilmu pengetahuan, wawasan dan menjadi inspirasi bagi para pegawai, baik di DJP maupun di unit eselon I lain di Kementerian Keuangan.(aw*)

Kakanwil DJP WP Besar memaparkan materi ComTax ke para pegawai DJP dan Kementerian Keuangan

 

Kakanwil DJP WP Besar memaparkan materi ComTax ke para pegawai DJP dan Kementerian Keuangan
Suasana Sharing Knowledge di Kanwil DJP Wajib Pajak Besar
Peserta aktif dan bertanya kepada Kakanwil DJP Wajib Pajak Besar dalam sesi tanya jawab
Kakanwil DJP WP Besar menjawab seluruh pertanyaan dari para peserta
Pemberian Cinderamata kepada Kakanwil DJP WP Besar