200 Pendamping Desa Nias Ikuti Dialog Perpajakan

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kemampuan aparatur desa di Kabupaten Nias, Nias Utara, dan Kota Gunung Sitoli terkait dengan berbagai aspek perpajakan dari alokasi dana desa yang bersumber dari dana APBN, Tim Penyuluh Gubungan Kantor Wilayah DJP Sumatera Utara II bersama KPP Pratama Sibolga, KP2KP Gunung Sitoli, dan Pandan menyelenggarakan edukasi perpajakan bagi 200 orang pendamping desa yang nantinya akan membantu para perangkat desa daerahnya masing-masing di Gedung Aula Koperasi Simpan Pinjam Pengembangan Pedesaan (KSP3) Gunung Sitoli (Kamis, 2/11).

Kegiatan dibuka oleh Kepala Seksi Kerjasama dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP Sumatera Utara II, Ery Sunandar.  Ery menyampaikan bahwa ada lima tahapan dalam pengelolaan anggaran dana desa dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban. Perangkat desa biasanya agak lalai di tahapan penatausahaan dan pelaporan terutama mengenai pelaporan perpajakannya. Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan agar seluruh aparatur desa, terutama para kepala desa dan bendahara desa di seluruh wilayah Kabupaten Nias, Kabupaten Nias Utara, dan Kota Gunung Sitoli dapat mengetahui dan memahami kewajibannya dalam bidang perpajakan terkait dengan alokasi dana desa yang dikelolanya serta kewajiban pajak yang belum disetorkan agar segera dapat dipenuhi.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala KP2KP Gunung Sitoli, Posma Silitonga, Kepala KP2KP Pandan, Timbul Hutahaean, dan Kepala Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan KPP Pratama Sibolga, Puguh Yuli Setiawan. Peserta terlihat antusias menyimak paparan materi yang disampaikan oleh tim narasumber dari KPP Pratama Sibolga.

Pembukaan acara oleh Kanwil DJP Sumatera Utara II

 

Pembukaan acara oleh Kanwil DJP Sumatera Utara II
Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
Penyampaian materi perpajakan oleh narasumber
Dialog antara peserta dan narasumber
Foto bersama