Minggu, 11 Maret 2012 - 11:16
Buku Bendahara Mahir Pajak 2011

Sambutan Direktur Jenderal Pajak

Seperti kita ketahui bersama dewasa ini peranan pajak sangat besar dalam penerimaan negara. Ini tercermin di dalam APBN, dimana setiap tahun kontribusi pajak selalu meningkat. Pada tahun 2011 ini peranan pajak yang dihimpun oleh Direktorat Jenderal Pajak direncanakan sebesar 70% dari APBN.

Dalam rangka peningkatan penerimaan negara, Direktorat Jenderal Pajak telah melakukan segala upaya agar penerimaan dari sektor pajak semakin meningkat. Salah satunya adalah dengan mengoptimalkan peran bendahara sebagai ujung tombak dan mitra Direktorat Jenderal Pajak dalam menghimpun penerimaan negara. Oleh karena itu, perlu diterbitkan buku Bendahara Mahir Pajak agar bendahara mendapat informasi yang benar tentang kewajibannya sebagai Pemotong/Pemungut Pajak sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan di bidang perpajakan.

Dengan penerbitan buku panduan dengan judul “Bendahara Mahir Pajak” ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi bendahara pemerintah dalam memahami ketentuan dan tata cara kewajiban pemotongan/pemungutan, penyetoran, dan pelaporan pajak yang timbul dari berbagai transaksi pengeluaran yang terjadi di masing-masing unit ataupun satuan kerja.

Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi bendahara pemerintah dalam melaksanakan tugasnya dan tak lupa kami sampaikan ucapan terima kasih kepada bendahara pemerintah yang telah turut membantu Pemerintah dalam mewujudkan masyarakat sadar dan peduli pajak.

Jakarta, Juli 2011
Direktur Jenderal Pajak

TTD

Ahmad Fuad Rahmany
NIP 195411111981121001