Bayar utang pajak pun bisa kredit

Di zaman teknologi yang sudah semakin canggih ini, transaksi jual beli sudah sangat dimudahkan. Cara pembayaran dengan kredit pun sudah tak asing lagi di telinga masyarakat. Beli rumah, beli alat elektronik dan sebagainya, semua bisa dikredit.

Tak cuma dalam urusan jual beli yang bisa dikredit. Bahkan pembayaran utang wajib pajak pun bisa dicicil.

"Kalau wajib pajak kooperatif, kita akan memberikan sarana terbaik untuk wajib pajak pasti kalau nggak sanggup bayar langsung sekaligus, kita ada layanan angsur," kata Kasubdit Penagihan, Dodik Samsu Hidayat.

Dodik menjelaskan Subdit Penagihan yang ia pimpin, salah satu tugasnya yakni melakukan tindakan penagihan kepada wajib pajak yang mempunyai utang pajak. Orang yang melakukan tindakan penagihan tersebut adalah juru sita di lapangan. Para juru sita ini bisa melakukan penagihan dengan cara paksa. Tindakan paksa yang dilakukan juru sita ini pun dilindungi oleh undang-undang yang berlaku.

"Upaya kita adalah upaya paksa semuanya sesuai ketentuan perpajakan. Sehingga yang kita lakukan seusai undang-undang berlaku," ujarnya.

Karena itu Dodik berharap agar ada kerjasama yang baik dengan masyarakat terutama wajib pajak. Tindakan penagihan yang dilakukan juru sita adalah tindakan terakhir. Kalau wajib pajak sadar untuk membayar piutangnya, tentu saja tindakan penagihan secara paksa tidak akan dilakukan.

Sejak tahun 2008 sampai sekarang, tindakan penagihan adalah tindakan menagih piutang pajak yang sudah incraht. Artinya upaya wajib pajak dan hak wajib pajak yang merasa tidak mendapat keadilan dari aparat pajak sudah dilalui.

"Jadi untuk acuan pajak sejak tahun 2008, wajib pajak tidak perlu membayar kalau merasa nggak setuju dari perhitungan pemeriksa. Sampai dengan tingkat banding di Pengadilan Pajak kita tunggu sampai upaya hukum tuntas baru kita lakukan penagihan," tandasnya.

Karena itu upaya hukum wajib pajak sudah dilalui secara maksimal dan hasilnya wajib pajak otomatis harus membayar. Wajib pajak pun harus sadar dan bisa berkerjasama.

"Cara lain membayar utang pajak bisa memberikan jaminan aset yang bisa kita eksekusi. Saya kira itu harapan kami kepada masyarakat," harapnya.