SOSOK: Sukardi, Teladan Pajak dari Sebrang

Bapak Sukardi, Teladan Pajak dari Sebrang

Mungkin melaporkan SPT Tahunan bagi sebagian orang adalah hal yang sepele, banyak juga yang tidak peduli sama sekali akan hal tersebut. Berbeda dengan kebanyakan orang, sosok PNS ini bisa dijadikan tauladan bagi para generasi muda. Sukardi seorang PNS yang tinggal di desa Garaupa, Kec. Pasilamba ini tetap lapor SPT Tahunan menggunakan e-filing tepat waktu walaupun tempat tinggal beliau sangat jauh.

Perjuangannya bisa di bilang luar biasa karena beliau harus menempuh perjalanan selama 2 hari 3 malam menggunakan kapal Pelni, bila menggunakan kapal kayu bisa 18 jam menuju kota Benteng. Lamanya perjalanan dipengaruhi dengan gelombang air laut. Kapal yang menyebrangkannya ke kota benteng pun tidak setiap hari berlayar, jadi aktivitasnya ke kota Benteng mengikuti adanya kapal menuju ke Benteng.

Sukardi merupakan orang yang sangat peduli pajak karena ia setiap tahun tidak pernah terlambat dalam melapor SPT Tahunan. Ia datang dengan membawa NPWP dan ampra gaji dari bendahara. KP2KP Benteng pun membantu Sukardi dari membuat e-mail, efin, sampai mengisikan data ampra gaji ke e-filing, maklum di Pulau Sebrang masih belum terjamah oleh akses Internet. Jangankan Internet sinyal handphone untuk telpon pun harus naik dulu di tempat yang tinggi baru mendapatkan sinyal untuk menelepon.

KP2KP Benteng sangat mengapresiasi Bapak Sukardi untuk dedikasi dan perjuangannya, walau dalam segala keterbatasan tidak menyurutkan semangat beliau untuk menjalankan kewajiban sebagai wajib pajak (bsp/*).