Indahnya Ramadhan Di Ditjen Pajak

Indahnya Ber-Ramadhan Di Ditjen Pajak (Foto: Moh. Luthfianis; Redaksi: Yos W Hadi/Yos Wiyoso Hadi)

Jam menunjukkan pukul tujuh lewat enam menit. Pegawai-pegawai berseragam duduk dengan khidmat, bersila di Masjid Salahuddin Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak. Ada yang berdzikir, ada yang tadarus Al-Quran. Semuanya manfaatkan waktu dengan sebaik mungkin untuk beribadah sebelum dimulainya jam kerja kantor.

Pagi berdzikir, tadarus Al-Quran dan sholat Dhuha. Siang dan sore, sholat Zhuhur dan Ashar berjamaah membludak di halaman Masjid berlantai dua Kantor Pusat Ditjen Pajak. Maghrib, berbuka bersama dengan saudara-saudari dhuafa dan musafir. Malam, sholat Tarawih bersama. Indah, nikmat, syahdunya ber-Ramadhan di Ditjen Pajak.

Sebagaimana pada tahun-tahun sebelumnya, pada bulan Ramadhan 1437 Hijriyah tahun ini pun, kegiatan-kegiatan di dalam maupun sekitar Masjid Salahuddin Kantor Pusat Ditjen Pajak, diisi dengan banyak program-program Syiar Ramadhan.

Setiap hari selama bulan Ramadhan, ada Kajian Islam Ba'da Zhuhur di Masjid Salahuddin bersama Ustadz-Ustadz yang berpengalaman dan ahli di bidangnya. Setiap hari sepanjang Ramadhan ada pula Kursus Tahsindan Tahfizh Al-Qur'an yang dimulai pukul 16.00. Dan tentunya, setiap hari di bulan Ramadhan disediakan Ta'jil dan makan buka puasa dan sholat Tarawih bersama. Kaum muslimin dan muslimat yang mampir ke Masjid Salahuddin Kantor Pusat Ditjen Pajak dapat mengikuti dan turut menikmati.

Selain itu, di bulan Ramadhan, Masjid Salahuddin juga menggelar kegiatan keputrian, di samping Bazaar Ramadhan yang dibuka mulai Senin, 13 Juni 2016 hingga Kamis, 16 Juni 2016 di serambi samping Masjid Salahuddin.

Lalu ada pula kegiatan peringatan Nuzulul Qur'an yang direncakan pada tanggal 22 Juni 2016 dan Lomba-Lomba Islami yang meliputi: Lomba Kultum Pegawai Ditjen Pajak, Lomba Tilawah Al-Qur'an, Lomba Adzan dan Iqamah, Lomba Penulisan Artikel Islam, dan Lomba Foto Ramadhan. Kegiatan-kegiatan Lomba Kultum Pegawai Ditjen Pajak, Lomba Tilawah Al-Qur'an, serta Lomba Adzan dan Iqamah dilaksanakan mulai pukul 16.00.

Tidak hanya itu saja, kegiatan Ramadhan di Masjid Salahuddin Kantor Pusat Ditjen Pajak diisi pula dengan Kegiatan Bakti Sosial berupa Santunan Anak Yatim dan Pengumpulan Barang Bekas Layak Pakai.

Puncaknya adalah kegiatan I'tikaf dan Qiyamul Lail yang dilaksanakan selama tiga hari pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Konsumsi serta sahur untuk peserta I'tikaf disediakan oleh pihak panitia. Seluruh kegiatan ini diadakan oleh Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Salahuddin Kantor Pusat Ditjen Pajak.

Tak ketinggalan pihak-pihak eksternal seperti Badan Zakat Nasional (BAZNAS) dan Dompet Dhuafa (DD) turut terlibat dalam menyemarakan kegiatan Ramadhan di Ditjen Pajak dengan menyediakan mobil gerai di halaman depan Masjid Salahuddin. Pegawai pajak maupun masyarakat yang berkunjung ke Kantor Pusat Ditjen Pajak dapat menyalurkan zakat, infaq dan sadaqah-nya melalui mobil-mobil gerai tersebut sambil melihat, merasakan dan menikmati nuansa khidmat Ramadhan di Masjid Salahuddin dan Kantor Pusat Ditjen Pajak.     

Pagi berdzikir, tadarus Al-Quran dan sholat Dhuha. Siang dan sore, sholat Zhuhur dan Ashar berjamaah membludak di halaman Masjid Kantor. Maghrib, berbuka bersama dengan saudara-saudari dhuafa dan musafir. Malam, sholat Tarawih bersama. Ah indahnya ber-Ramadhan di Ditjen Pajak.(*)