Agus Widayat: Layanan Petugas Bisa Langsung Berinteraksi Tetang Masalah Pajak

Wakil Walikota Dumai, Agus Widayat lebih memilih mendatangi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kota Dumai untuk mengetahui dan mendapatkan informasi berkaitan dengan berbagai hal bidang perpajakan terutama untuk melaksanakan kewajibannya membayar pajak.

“Saya lebih suka langsung datang ke orangnya dengan mendatangi kantor tempat pelayanan pajak. Karena lebih leluasa untuk bertanya tentang hal yang tidak ketahui. Apalagi yang berakitan dengan ketentuan-ketentuan atau pun informasi lain yang berhubungan kewajiban membayar pajak,” katanya, Kamis (16/5).

Menurutnya, pelayanan yang diberikan saat akan melaporkan pajak di KPP Pratama Dumai jauh mengalami peningkatan dari beberapa tahun belakangan. Hal itu dicontohkannya saat akan mengurus SPT dan saat akan mendapatakan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) pribadi.

Menurutnya pelayanan sebelumnya, wajib pajak yang ingin membayarkan kewajibannya sedikit rumit. Namun diperkirakannya masalah itu karena prosedur dan mekanisme yang diterapkan belum menerapkan sistem pelayanan cepat dan mudah.

“Namun sekarang sudah enak sebab senang dan mudah. Termasuk juga orang yang melayani,” katanya.

Direktoran Jenderal (Ditjen) Pajak saat ini telah meningkatkan pelayananya. Harapannya penerimaan negara dari sektor pajak ini bisa meningkat. Untuk meningkatkan pelayanan tersebut, berbagai terobosan dilakukan sehingga dapat memudahkan wajib pajak melaksanakan kewajibannya dan mendapatkan informasi berkaitan dengan perpajakan.

Beberapa layanan yang diberikan tersebut adalah menyediakan Account Refresentative (AR) yang bertugas melayani wajib pajak untuk memberikan bimbingan dan memberikan informasi tentang berbagai hal tentang perpajakan.

Alternatif lain yang diberikan dalam hal pelayanan yang dapat memberikan kemudahan dan pengetahuan kepada wajib pajak juga disediakan layanan melalui saluran telepon yakni Kring Pajak 500200. Sehingga dapat dimanfaatkan oleh wajib pajak untuk melaksanakan kewajibannya serta mendapatkan informasi. Termasuk juga melalui situs pajak di www.pajak.go.id.

Banyak lagi bentuk layanan yang diberikan seperti halnya menyediakan help desk di tempat pelayanan terpadu, perbaikan sarana dan prasarana dan juga pemberian layanan yang dilakukan oleh petugas pajak.

Namun dari berbagai peningkatan layanan yang dilakukan tersebut, Agus mengatakan lebih senang berususan langsung dengan para petugas yang ada di kantor pajaknya. Bahkan diakuinya beberapa layanan yang disediakan seperti Account Refresentative, Kring Pajak 500200 yang disediakan tidak diketahuinya sama sekali.

“Memang saya tahu ada situs pajak. Tapi jika ada hal yang tidak ketahui sulit untuk melakukan interaksi langsung. Tapi dengan datang kepada petugasnya, saya dapat menanyakan langsung tentang hal yang masih membingungkan atau tidak saya ketahui,” tambahnya.

Pilihannya datang dan bertanya langsung kepada petugas pajak untuk berinteraksi, lantaran petugas pajakyang melayani di KPP Pratama Dumai dinilainya ramah dan informatif.