3.2.4.1. Secara Elektronik (Aplikasi e-Registration)

Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut untuk mengajukan permohonan pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) secara elektronik, yaitu:

  • mengisi Formulir Pendaftaran Wajib Pajak Bendahara pada Aplikasi e-Registration yang tersedia pada laman Direktorat Jenderal Pajak di www.pajak.go.id;
  • permohonan pendaftaran yang telah Anda sampaikan melalui Aplikasi e-Registration dianggap telah ditandatangani secara elektronik atau digital dan mempunyai kekuatan hukum;
  • apabila Anda telah menyampaikan Formulir Pendaftaran Wajib Pajak Bendahara melalui Aplikasi e-RegistrationAnda harus mengirimkan dokumen yang dipersyaratkan (fotokopi surat penunjukan sebagai Bendahara dan fotokopi Kartu Tanda Penduduk) ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) yang wilayah kerjanya meliputi tempat kedudukan unit kerja Anda;
  • pengiriman dokumen yang dipersyaratkan dapat dilakukan dengan cara mengunggah (upload) softcopy dokumen melalui Aplikasi e-Registration atau mengirimkan dengan menggunakan Surat Pengiriman Dokumen yang telah ditandatangani;
  • apabila dokumen yang dipersyaratkan belum diterima KPP dalam jangka waktu 14 (empat belas) hari kerja setelah penyampaian permohonan pendaftaran secara elektronik maka permohonan Anda tersebut dianggap tidak diajukan;
  • apabila dokumen yang dipersyaratkan telah diterima secara lengkap maka KPP menerbitkan Bukti Penerimaan Surat secara elektronik.
Aplikasi: 
Segmentasi: 
Proses: