2.3.4.2. Melalui Billing System

Anda sebagai Wajib pajak kini bisa membayar pajak dengan lebih mudah melalui system pembayaran elektronik (billing system) dengan cara :
1. Mendaftar melalui http://ssereg.pajak.go.id untuk mendapatkan NIPB dan password
2. WP melakukan pembuatan Kode Billing dengan menginput setoran pajak sesuai dengan pembayaran yang dituju pada laman http://sse.pajak.go.id menggunakan nomor identitas pengguna (user id) dan Personal Identification Number (PIN).
3. WP melakukan pembayaran dengan menyampaikan Kode Billing yang telah diperoleh kepada Teller Bank/Pos atau memasukan Kode Billing melalui mesin ATM/internet banking yang disediakan Bank Persepsi yang ditunjuk (untuk saat ini hanya bisa dilayani di Kantor Pos dan Bank Mandiri)
4. Wajib Pajak menerima BPN atas pembayaran pajak melalui pelaksanaan uji coba penerapan sistem pembayaran pajak secara elektronik (billing system)
BPN yang diterima untuk transaksi melalui:
1. teller (over the counter), diterbitkan dalam bentuk Dokumen BPN
2. ATM, diterbitkan dalam bentuk struk ATM;
3. internet banking, diterbitkan dalam bentuk dokumen elektronik yang dapat dicetak oleh Wajib Pajak.

Informasi Lebih Lanjut

Pasal 2 PMK-204/PMK.05/2011 s.t.d.d.PMK-60/PMK.05/2011:
1. Dalam rangka penyempurnaan dan pengembangan Modul Penerimaan Negara, dilaksanakan uji coba penerapan sistem pembayaran pajak secara elektronik (billing system).
2. Uji coba sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilaksanakan dalam rangka meningkatkan efektivitas penatausahaan penerimaan negara.

Pasal 5 PER-47/PJ/2011
1. Wajib Pajak dapat melakukan pendaftaran peserta billing melalui websiteDirektorat Jenderal Pajak dengan alamat http://sse-reg.pajak.go.id yang dapat diakses melalui:
a. jaringan internet; atau
b. counter pelayanan pada Kantor Pelayanan Pajak sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 angka 1.
2. Elemen informasi yang disampaikan oleh Wajib Pajak dalam proses pendaftaran peserta billing meliputi:
a. Nomor Pokok Wajib Pajak;
b. Alamat surat elektronik (e-mail account) Wajib Pajak;
c. User ID yang dipilih Wajib Pajak.
3. Pendaftaran peserta billing sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan dalam rangka memperoleh NIPB, User ID dan PIN/password.
Pasal 7 PER-47/PJ/2011 :
1. Wajib Pajak yang akan melakukan pembayaran pajak melalui sistem pembayaran pajak secara elektronik (billing system) harus melakukan pembuatan Kode Billing.
2. Pembuatan Kode Billing sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan melalui pengisian data setoran pajak secara elektronik di website Direktorat Jenderal Pajak dengan alamat http://sse.pajak.go.id.
3. Wajib Pajak melakukan pembayaran pada Bank/Pos Persepsi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (3) dengan menggunakan Kode Billing sebagaimana dimaksud pada ayat (1).
4. Kode Billing berlaku dalam waktu 48 (empat puluh delapan) jam sejak diterbitkan dan setelah melewati jangka waktu dimaksud secara otomatis terhapus dari sistem dan tidak dapat dipergunakan lagi.
5. Dalam hal Kode Billing tidak dapat dipergunakan sebagaimana dimaksud pada ayat (4),Wajib Pajak dapat membuat kembali Kode Billing sebagaimana dimaksud pada ayat (2).
Pasal 8 PER-47/PJ/2011 :
1. Wajib Pajak menerima Bukti Penerimaan Negara atas pembayaran pajak melalui pelaksanaan uji coba penerapan sistem pembayaran pajak secara elektronik (billing system.)
2. Bukti Penerimaan Negara sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dianggap sebagai Surat Setoran Pajak dalam rangka pelaksanaan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan.
Diktum kesatu kedua dan ketiga KEP-359/PJ/2013 :
KESATU : Menunjuk Kantor Pelayanan Pajak di seluruh wilayah Indonesia untuk melaksanakan uji coba penerapan sistem pembayaran pajak secara elektronik (billing system) dalam sistem Modul Penerimaan Negara.
KEDUA : Menunjuk seluruh Wajib Pajak yang terdaftar pada Kantor Pelayanan Pajak sebagaimana disebutkan pada Diktum KESATU sebagai peserta uji coba penerapan sistem pembayaran pajak secara elektronik (billing system) dalam sistem Modul Penerimaan Negara.
KETIGA : Pelaksanaan uji coba sebagaimana dimaksud pada Diktum KESATU dilaksanakan pada PT. Pos Indonesia dan PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk di seluruh wilayah Indonesia.

Aplikasi: 
Segmentasi: 
Proses: