2.3.4.1. Dengan Menggunakan SSP Melalui Bank Persepsi

Anda sebagai WP dapat membayar pajak yang terutang dengan menggunakan SSP melalui Bank persepsi dengan cara mengisi Formulir SSP yang disediakan oleh Bank atau KPP, atau dapat juga di unduh di www.pajak.go.id
SSP terdiri dari 4 lembar. Pada saat menyetorkan pajak ke Bank persepsi maka SSP lembar ke-1 dan ke-3 akan dikembalikan oleh Bank kepada WP untuk keperluan Arsip (lembar1) dan pelaporan pajak (lembar 3)
SSP baru dianggap sah jika sudah tercantum NTPN dan NTB tetapi utk beberapa Bank terkadang validasi NTPN diberikan di lembaran tersendiri yang terpisah dari SSP.

Informasi Lebih Lanjut
Pasal 10 Undang Undang No. 28 tahun 2007 :
(1) Wajib Pajak wajib membayar atau menyetor pajak yang terutang dengan menggunakan Surat Setoran Pajak ke kas negara melalui tempat pembayaran yang diatur dengan atau berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan.
(1a) Surat Setoran Pajak sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berfungsi sebagai bukti pembayaran pajak apabila telah disahkan oleh Pejabat kantor penerima pembayaran yang berwenang atau apabila telah mendapatkan validasi, yang ketentuannya diatur dengan atau berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan.
(2) Tata cara pembayaran, penyetoran pajak, dan pelaporannya serta tata cara mengangsur dan menunda pembayaran pajak diatur dengan atau berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan.

Segmentasi: 
Proses: