1.1.1.6.1. Permohonan Penghapusan NPWP

Anda dapat mengajukan permohonan penghapusan NPWP Orang Pribadi melalui Formulir Penghapusan NPWP dan dilakukan secara tertulis. Berikut adalah langkah-langkah dan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan permohonan penghapusan NPWP Orang Pribadi secara tertulis:

1.    Mengisi dan menandatangani Formulir Penghapusan Nomor Pokok Wajib Pajak.

2.    Anda harus melengkapi formulir penghapusan tersebut dengan dokumen yang disyaratkan (lihat: 1.1.1.6.2. Dokumen yang Disyaratkan).

3.    Permohonan secara tertulis disampaikan ke KPP yang wilayah kerjanya meliputi tempat tinggal atau tempat kedudukan atau tempat kegiatan usaha Wajib Pajak dengan cara:

a.    Langsung ke KPP atau melalui KP2KP (KP2KP meneruskan permohonan penghapusan Nomor Pokok Wajib Pajak ke KPP);

b.    Melalui pos; atau

c.    Melalui perusahaan jasa ekspedisi atau jasa kurir.

4.    Apabila permohonan dinyatakan telah diterima secara lengkap, KPP memberikan Bukti Penerimaan Surat.

5.    KPP menerbitkan surat keputusan atas permohonan penghapusan NPWP (Keputusan Penghapusan NPWP atau Surat Penolakan Penghapusan NPWP) dalam jangka waktu 6 (enam) bulan setelah permohonan penghapusan NPWP telah diterima secara lengkap. Apabila dalam jangka waktu tersebut belum dikeluarkan keputusan atas permohonan penghapusan NPWP, maka KPP harus menerbitkan Keputusan Penghapusan NPWP paling lama 1 (satu) bulan setelah jangka waktu 6 (enam) bulan setelah permohonan penghapusan NPWP telah diterima secara lengkap.

6.    Apabila penyampaian permohonan secara tertulis diterima secara tidak lengkap maka:

a.    Jika Anda menyampaikan permohonan secara langsung, permohonan dikembalikan kepada Anda; atau

b.    Jika Anda menyampaikan permohonan melalui pos atau melalui perusahaan jasa ekspedisi atau jasa kurir, KPP menyampaikan pemberitahuan secara tertulis mengenai ketidaklengkapan tersebut.

Informasi Lebih Lanjut: 
Proses: