Avatar kp2kpsungailiat
Jumat, 23 Agustus 2013 - 10:17

Oleh KP2KP Sungailiat

Rabu, 21 Agustus 2013
Tidak biasanya jam 08.30 WIB halaman gedung KP2KP Sungailiat banyak terparkir kendaraan roda dua dan empat, Ini menandakan kalau KP2KP Sungailiat banyak kedatangan tamu. Di tanggal 21 Agustus 2013 ini KP2KP Sungailiat mengadakan kegiatan penyuluhan perpajakan dengan tema Sosialisasi PP-46 Tahun 2013. Mengingat pentingnya aturan ini maka KP2KP Sungailiat berusaha menyebarkan informasi secara luas kepada para Wajib Pajak yang ada di Kabupaten Bangka, bukan hanya sekedar penyuluhan langsung, sosialisasi juga dilakukan tidak langsung dengan cara memasang beberapa spanduk di persimpangan dan tempat-tempat keramaian di kabupaten Bangka.

Kegiatan penyuluhan seperti ini memang bukan pertama kalinya dilakukan di Gedung KP2KP Sungailiat, ruangan yang memang tidak terlalu besar dimodifikasi seminimalis mungkin guna memberi kenyamanan kepada para peserta ketika mengikuti kegiatan penyuluhan. Pesiapan lain pun juga dilakukan, mulai teknis pelaksanaan, persiapan materi, kesiapan tenaga penyuluh dan memastikan kehadiran peserta sesuai dengan session plan yang telah dibuat sebelumnya.

Kegiatan yang awalnya hanya ditargetkan dengan 30 peserta teryata malah diluar bayangan, justru yang hadir pada hari H 2x lipat dari rencana. Ruangan yang awalnya telah disetting hanya bisa menampung maksimal 40 Peserta, jadi peserta diluar hitungan itu terpaksa mendapat tempat agak-agak sempit dan paling pojok. Namun, hal ini bukan kendala untuk menyurutkan antusiasme para WP dalam mengikuti kegiatan penyuluhan perpajakan ini, hal ini semakin terasa ketika penyampain materi inti sedang berlangsung, sebelum sesi tanya jawab dibuka mereka sudah tidak sabar mengajukan banyak pertanyaan yang membuat mereka bingung. Bahkan, beberapa peserta yang datang mengaku disampaikan sama teman lain dan diajak untuk ikut kegiatan penyuluhan ini sehingga memang kehadiran peserta pun tidak terbendung dan melebihi kapasitas. Ya.. walau demikian kegiatan tetap berlangsung tertib, aman dan lancar hingga akhir acara.

Kondisi ini tentu sedikit merepotkan tenaga penyuluh yang hanya di handle langsung oleh kepala KP2KP Sungailiat dan dibantu oleh Pelaksana yaitu Bapak Julhendra Saragih dan Tulus Pambudi. Tapi, berkat kematangan materi yang telah disiapkan maka aneka ragam pertanyaan para peserta dapat terhandle dengan maksimal dan efektif. Dengan kondisi ini, maka KP2KP Sungailiat merencakan membuat penyuluhan kedua dengan tema sama di akhir agustus nanti dan diharapkan dapat semakin memperluas informasi kepada para WP.

Tulisan ini merupakan pendapat pribadi penulis dan bukan cerminan sikap instansi dimana penulis bekerja.

Tag: