Kamis, 27 Desember 2012 - 11:57

Untuk memberikan pembelajaran perpajakan sejak dini bagi para pelajar di wilayah Kabupaten Lampung Timur, Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Sukadana mengadakan kegiatan Tax Goes to School ( TGTS ) pada tanggal 10 Desember 2012. Kegiatan ini diadakan di SMAN 1 Bandar Sribhawono, Kecamatan Bandar Sribhawono, Kabupaten Lampung Timur.
Tax Goes to School ini tersendiri merupakan serangkaian kegiatan di mulai dengan Sayembara menulis artikel perpajakan bertema “Bangga Bayar Pajak” dan di akhiri dengan mengadakan kegiatan Tax Goes to School pada sekolah yang menjadi Juara Pertama. Kegiatan Menulis artikel perpajakan tersebut telah diumumkan kepada 97 ( Sembilan Puluh Tujuh ) Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan di wilayah Kabupaten Lampung Timur, melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga serta pengumuman di Radio Pramudya.
Pada Kegiatan Menulis artikel perpajakan bertema “Bangga Bayar Pajak” diterima 15 naskah dari 5 Sekolah Menengah atas ( SMA ), juara pertama diraih Savronita Intan Dzunuroin dari SMAN 1 Bandar Sribhawono dengan judul artikel “Menuju Indonesia Baru Dengan Bangga Membayar Pajak”. Selanjutnya untuk juara kedua diraih Larasati Andi Yuana dari SMAN 1 Labuhan Maringgai dengan judul artikel “Tersenyum Bersama Pajak”. Kemudian juara ketiga diraih Fitri Lestari dari SMAN 1 Way Jepara dengan judul artikel “Bangganya Kalau Bayar Pajak”.
Dalam kegiatan Tax Go to Scholl ( TGTS ) dihadiri langsung oleh Kepala KPP Pratama Metro, Kepala KP2KP Sukadana, Camat Bandar Sribhawono, Kepala Sekolah SMAN 1 Bandar Sribhawono, Perwakilan SMAN 1 Labuhan Maringgai, Perwakilan SMAN 1 Way Jepara dan Para peserta kegiatan tersebut dan 80 pelajar SMA.
Kegiatan dibuka oleh Kepala KPP Pratama Metro, dengan mengapresiasi diselenggarakannya kegiatan tersebut merupakan bentuk usaha KP2KP untuk menjadi lebih dekat dengan masyarakat dan diharapkan dapat meningkatkan kepedulian masyarakat mengenai pajak sedini mungkin.
Kepala KPP Pratama Metro juga mengucapkan selamat kepada para pemenang lomba menulis artikel. “ Saya berharap bagi para pemenang dapat lebih meningkatkan kemampuannya, dan bagi yang belum beruntung jangan pernah berhenti mencoba untuk keberhasilan yang tertunda,”. Tuturnya.
Kepala KP2KP Sukadana dalam kegiatan ini memberikan pemaparan tentang hak dan kewajiban perpajakan kepada para siswa/i agar diharapkan para siswa/I mengerti apa itu Pajak dan Kontribusi apa yang telah diberikan kepada Negara apabila Membayar Pajak. “ Saya berharap peserta sosialisasi ini nantinya dapat menjadi Agent Of Information yaitu dapat memberikan informasi perpajakan yang benar kepada masyarakat ataupun menjadi Agent Of Change untuk merubah pola pikir masyarakat yang selama ini cenderung menghindar dari pajak ,” ungkapnya.
Pemaparan materi yang diberikan oleh Kepala KP2KP Sukadana memancing semangat para peserta untuk interaktif dalam acara tersebut. Pemaparan materi diberikan dalam bentuk slide, video dan games interaktif lainnya dengan berhadiahkan souvenir untuk peserta bila dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pemapar materi.
Kegiatan ditutup oleh Camat Bandar Sribhawono juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya bagi KP2KP Sukadana atas diselenggarakannya kegiatan yang penuh edukatif tersebut. “ Kegiatan ini sangat tepat digelar di kecamatan kami, Karena kita ketahui bersama Kecamatan Bandar Sribhawono merupakan urutan nomor 1 dalam pelunasan PBB 4 tahun terakhir ini. Saya berharap melalui kegiatan ini, para generasi muda sebagai future taxpayer memiliki pola pikir baru dan kesadaran mengenai pentingnya pajak bagi kehidupan berbangsa dan bernegara,” pungkasnya.
Setelah penutupan oleh Camat Bandar Sribhawono, ada pemberian hadiah kepada para pemenang , pemberian cinderamata kepada Sekolah yang menjadi juara I,II,III, dan Camat Bandar Sribhawono.