Senin, 12 Nopember 2012 - 22:07

Sejak tahun 1967 berdiri Kantor Dinas Luar Pajak Tingkat II Nunukan di bawah Dinas Luar Tingkat I Tarakan, Kantor Inspeksi pajak samarinda. Seiring dengan perkembangan wilayah Kecamatan Nunukan Kabupaten Bulungan reorganisasi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) , sehingga menjadi status Kantor Penyuluhan Pengamatan dan Potensi Perpajakan Nunukan.
Setahun kemudian terjadi perubahan struktur dan Kantor Penyuluhan Pengamatan dan Potensi Perpajakan Nunukan yang seharusnya berkedudukan di ibukota kabupaten, sehinggah Kantor Penyuluhan Pengamatan dan Potensi Perpajakan Nunukan di pindah di Tanjung Selor sebagai ibukota Kabupaten Bulungan saat itu . sedangkan di Nunukan , kerena masih berstatus sebagai kacamatan maka di dirikanlah Kantor Pos Pelayanan Pajak Nunukan pada tahun 2000 sampai dengan tahun 2007. Perkembangan wilayah otonomi daerah membuat Kecamatan Nunukan mempunyai potensi penerimaan pajak, maka pada tanggal 27 Mei 2008 status Pos Pelayanan Pajak Nunukan ditingkatkan statusnya menjadi Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan Nunukan
KP2KP adalah instansi Vertikal Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kantor Pelayanan Pratama Tarakan, Kantor Wilayah DJP Kalimantan Timur Balikpapan.